Gerakan Koperasi Indonesia Tidak Pernah Lupa Kepada “Bung Hatta”

Putri Bung Hatta/Meutia Hatta menabur bunga ke Makam Ayahandanya didampingi Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga. (Pipnews/Yannes)

PIPnews.co.id | Jakarta – Sudah semacam tradisi, bahwa setiap memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang jatuh pada tanggal 12 Juli setiap tahunnya,  Gerakan Koperasi Indonesia, yang dalam hal ini diwadahi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin),  selalu mengagendakan kegiatannya untuk Ziarah ke Makam Bapak Koperasi Indonesia “Bung Hatta”.

Tidak terkecuali dengan Harkopnas ke-70 tahun 2017 ini, juga mengadakan Ziarah ke Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, tempat di mana jasad Bung Hatta di makamkan. Ziarah dilakukan pada  7 Juli 2017 pukul 8.00 WIB.

Hadir dalam acara ini Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, beserta dua orang putri Bung Hatta, yaitu Meutia Hatta dan Gemala Hatta. Di sana juga tampak Mantan Ketua dekopinwil Jakarta Nahrowi Ramli, Ketua Harian Dekopin Agung Sudjatmoko, Wakil Ketua Umum Dekopin Moh. Sukri, Sekjen Dekopin Hanafiah Sulaiman dan sekitar 100 orang insan gerakan koperasi.

Menkop Puspayoga mengatakan, Ziarah ke Makam Bung Hatta, bukan dimaksudkan sekadar tabur bunga semata. Di balik itu terkandung niat yang luhur untuk mengenang jasa-jasa beliau yang memang cukup signifikan dalam pembangunan koperasi.  “Wajar kalau gerakan koperasi Indonesia mencintainya, walaupun sudah tiada,” tutur Puspayoga, seusai tabur bunga.

Sementara, Meutia Hatta mengaku sangat terharu bercampur ceria atas perhatian dan sikap gerakan koperasi Indonesia, yang senantiasa tetap menghormati Ayahandanya, yang meskipun sudah Almarhum. Ini artinya Gerakan Koperasi Indonesia, tidak pernah lupa terhadap karya dan jasa-jasa Bung Hatta, yang juga bapak Proklamator Bangsa.

Kelompok Wanita Koperasi, tak ketinggalan juga menabur bunga pada Makan Istri Bung Hatta/Rahmi Hatta. (Pipnews/Yannes)

Mewakili keluarga besar Bung Hatta, Istri dari Ekonom Prof. Dr Sri Edi Swasono dan juga mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini mengucapkan terima kasih atas semua penghormatan dan perhatiannya. “Semoga Gerakan Koperasi Indonesia Tetap Berjaya”, ujarnya dalam percakapan dengan Pipnews.co.id.

Menurut Agung Sudjatmoko, dari sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Harkopnas ke-70, pelaksanaan Ziarah adalah agenda pertama yang dilaksanakan di Jakarta. Selanjutnya secara berantai kegiatannya dilaksanakan di Makasar Sulawesi selatan pada  tanggal 11-15 Juli 2017.

Masih oleh Agung dikatakan, meskipun Ziarah ke Makam Bung Hatta merupakan agenda nasional, namun pelaksanaannya dikemas oleh Dewan Koperasi Wilayah (Derkopinwil) DKI Jakarta.  “Setiapo tahun memang begitu,” ujarnya.

Sekadar diketahui, meskipun Makam Bung Hatta dan Ibu Rahmi Hatta berada di pemakanan umum Tanah Kusir Jakarta Selatan, tapi lokasinya tersendiri dipagar dan terpisah dengan pemakanan umum lainnya. Makam ini selain berada di pinggir Jalan Raya,  juga tampak menonjol karena berada di ruangan berdingding kaca dan diberi atap. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*