Harkopnas ke-70 dan Kongres Koperasi ke-III di Makasar dibuka Presiden Joko Widodo

Ketua Harian Dekopin Agung Sudjatmoko (dua dari kanan) ketia launching Harkopnas (Pipnews/Yannes)

PIPnews.co.id | Jakarta – Gerakan Koperasi Indonesia, yang dalam hal ini diwadahi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70. Secara nasional puncak acaranya secara di selenggarakan di lapangan Karebosi, kota Makasar, Sulawesi Selatan pada tanggal 12 Juli 2017.

Harkopnas yang akan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil tema “Koperasi Kuat Menjamin Pemerataan Ekonomi Mewujudkan Keadilan Sosial”. Diagendakan hadir dalam acara ini Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, para pejabat tinggi negara serta organisasi gerakan koperasi se Asean.

Di luar itu juga akan hadir Ketua Umum Dekopin H.AM Nurdin Halid serta ribuan insan koperasi yang datang dari 34 Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) tingkat provinsi dan 450 Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) tingkat kabupaten dan kota. Itu belum termasuk masyarakat pecinta koperasi dari 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan.

Presiden Jokowi selain berpidato di sana, juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para pejabat dan tokoh yang dianggap telah ikut berjasa membangun koperasi. Penghargaan itu berupa Setya Lencana Pembangunan dan Setya Lencana Wirakarya.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, pada kesempatan yang sama akan memberikan penghargaan kepada Koperasi-Koperasi Terbaik/Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017. Kecuali itu juga akan menyerahkan penghargaan kepada para pejabat dan tokoh berupa anugrah “Bakti Koperasi”.

Tidak itu saja, seremonial Harkopnas ini juga diwarnai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanting (MoU), antara Dekopin dengan dua mitra kerjanya Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan PT Sinar Mas. Momentum ini dilaksanakan dihadapan Presiden Jokowi.

Dijadwalkan, sebelum membuka Harkopnas pada sore hari, Presiden Jokowi akan lebih dulu meninjau pelaksanaan Expo/Pameran Produk Koperasi dan UKM, yang lokasinya berada di seputar lapangan Karebosi.  Pameran ini dikatagorikan bersifat internasional, karena diikuti gerakan koperasi dari lima negara Asean, yaitu Malaysia, Singapura, Thailan, Vietnam dan Pilippina.

Berbeda memang dengan Harkopnas tahun-tahun sebelumnya, yang digelar biasa-biasa saja. Kali ini perayaannya terkesan lebih istimewa. Selain karena waktunya relatip cukup panjang, mencapai lima hari (11-15 Juli 2017), juga rangkaian kegitannya cukup beragam. Ada Expo Koperasi, Jambore Koperasi, Jalan Santai, Ziarah ke Makam Bapak Koperasi “Bung Hatta” dan Seremonial Harkopnas.

Yang lebih menarik lagi juga ada pelaksanaan Kongres Koperasi ke-III, yang telah vakum selama 64 tahun tidak pernah lagi diselenggarakan.  Kongres terakhir kali dilaksanakan tahun 1953 di kota Bandung, dan yang pertama di Tasikmalaya tahun 1947.

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid mengatakan, saat Dekopin beraudensi ke Istana Negara beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga menyanggupi bersedia hadir pada pembukaan Kongres Koperasi ke-III, yang digelar di Grand Clarion Hotel and Convention, Makasar pada malam harinya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*