Gubernur Sukarwo Menyandang Gelar Tokoh Utama Penggerak Koperasi

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid menyerahkan penghargaan kepada Akhmad Sukardi. (Istimewa)

PIPnews.co.id | Makassar – Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70, yang digelar di lapangan Karebosi kota Makasar, Sulawesi Selatan pada 12 Juli 2017, menjadi tonggak sejarah bagi perjalanan hidup seorang Dr. H. Soekarwo, yang kini duduk sebagai Gubernur Provinsi Jawa Timur.

Bukan apa-apa, saat itu dihadapan Presiden Joko Widodo ia mendapat kehormatan menyandang gelar sebagai “Tokoh Utama Penggerak Koperasi”. Namun begitu, saat menerima penghargaan dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, ia diwakili Sekretaris Daerah Prov. Jatim Dr. Akhmad Sukardi.

Penghargaan tersebut diberikan karena kebijakan Pakde Karwo (panggilan akrab H. Sukarwo) yang dinilai sangat berpihak kepada pengembangan koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Diantaranya banyak memberi kemudahan bagi UMKM dalam mengakses perbankan.

Sebagai contoh, salah satunya memberikan kredit perbankan bagi UMKM dengan skema bunga murah dan linkage program. Tujuannya adalah mengurangi hadirnya rentenir di lingkup UMKM. Selain itu, Gubernur Jatim juga gencar memberikan pelatihan-pelatihan bagi para pelaku UMKM di Jatim, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Pada acara yang dihadiri sekitar 10 ribu tokoh pelopor, penggerak koperasi, pelaku UMKM, serta instansi pemerintah di bidang koperasi se Indonesia itu, Ketua Dekopin, Nurdin Halid mengatakan, penghargaan sebagai tokoh utama penggerak koperasi yang diberikan kepada Gubernur Jatim dan Gubernur Jabar merupakan wujud kepeduliaan pemerintah dalam membangun ekonomi masyarakat.

Apa yang dilakukan oleh dua kepala daerah tersebut sungguh sangat bagus. Mereka mengajak masyarakat berbicara dan berdialog untuk menyejahterakan masyarakat. Gubernur Jatim dan Gubernur Jabar sadar bahwa koperasi dan masyarakat menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan. Karena kedua hal itu menjadi ujung tombak perekonomian bangsa, ujarnya.   (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*