Pinjaman Bank Lewat Koperasi Berhasil Tekan NPL

PIPnews.co.id | Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM menilai, program kemitraan perbankan dengan koperasi melalui Linkage Program selama ini berjalan lancar. Hal ini terbukti dengan rendahnya Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah yang tercatat melalui Linkage Program antara perbankan dengan koperasi.

“Sebagai contoh, data terakhir menunjukkan NPL Lingkage Program di Bank Jabar Banten (BJB) melalui koperasi hanya 1,07% atau jauh di bawah batas maksimum 5%,” kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram, dalam Gathering Kemitraan Koperasi 2017 di Jakarta pada 18 Juli 2017.

Agus menjelaskan, Gathering Kemitraan Koperasi dengan perbankan yang digagas Bank BJB (Bank Jabar Banten) ini dimaksudkan untuk mengevaluasi Linkage Program. Program ini merupakan penyalurkan kredit dari bank ke koperasi untuk selanjutnya diteruskan oleh koperasi kepada para anggotanya.

Linkage Program ini terbukti berjalan baik, koperasi bisa menyalurkan kredit ke anggota, dan anggota koperasi bisa menngembangkan usahanya. Dengan demikian diharapkan terjadi peningkatan kesejahteraan anggota,” kata Agus.

Sesmenkop dan UKM menilai suku bunga yang disalurkan lewat Linkage Program ini cukup kompetitiif. Namun demikian diharapkan bisa lebih rendah lagi sehingga koperasi dan para anggotanya bisa lebih dapat berdaya saing dalam menyelenggarakan usahanya. “Demikian juga dengan volumenya, saya kira masih bisa ditambah atau ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, Bank BJB sangat memperhatikan perkembangan Koperasi dan UKM dan menjadikan keduanya sebagai mitra untuk perkembangan bersama. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*