Menteri Bidang Perekonomian Optimis Pertumbuhan Ekonomi Membaik

PIPnews.co.id | Jakarta – Darmin Nasution, Menteri Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, optimis ketika dia memprediksi pertumubuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,01 persen pada kuartal II 2017. Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) mengatakan, pertumbuhan kenaikan ekonomi itu karena ada faktor yang kuat didukung oleh kinerja oleh pemerintah.

Dia menjelaskan bahwa jlid ekonomi semester II, pertumbuhan tetap stabil. Kalau ekonomi semester kita pada jilid I (Januari-Juni) mencapai 5 persen, ini artinya realisasi kuartal II-2017 hampir sama dengan kuartal I yang sebesar 5,0 persen.

Dia menjelaskan, pada kuartal pertama dan kedua, ekonomi semester Indonesia bisa stabil, hal itu dikarenakan ada perbaikan kinerja ekspor dan konsumsi rumah tangga. “Kalau kita bisa mengelola perekonomian kita dengan baik, dalam enam bulan dipredisikan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik,” ucapnya, Jakarta, Minggu, 23 Juli 2017.

Selain itu, dia juga optimis, tahun 2017 ini, Indonesia bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen. Walau disatu sisi dia mengakui bahwa kondisi keuangan negara (APBN) belum pulih sepenuhnya, namun kondisi ekonomi Indonesia semakin pulih.

Sebelumnya, pada bulan Juli 2017, Darmin juga menjelaskan faktor membaiknya harga minyak sawit dan karet sangat mendorong konsumsi dan pendapatan masyarakat, khususnya daerah Kalimantan dan Sumatera. Nah, kalau ketika harga komoditas merosot, maka pertumbuhan eknomi di dua wilayah itu juga akan berdampak.

Dirinya optimis, ketika melihat stabilitas Indonesia yang saat ini aman, maka pertumbuhan ekonomi tahun 2017 ini bisa mencapai target 5,2 sampai 5,4 persen. (AH/Berbagai Sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*