Bhakti Koperasi Langkah Awal Mendapat Setya Lencana Wirakarya dari Presiden

L. Frediyanto SM, (dua dari kanan) Menerima Penghargaan Bhakti Koperasi Dari Menteri Koperasi & UKM

PIPnews.co.id | Maumere – Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70, yang digelar di kota Makasar, Sulawesi Selatan pada 12 Juli 2017, boleh dicatat sebagai hari bersejarah bagi L. Frediyanto SM, General Manager (GM) Koperasi Kredit (Kopdit) Obor Mas, Maumere, Kabupaten Sikka NTT.

Bukan apa-apa, pada hari itu Yanto, panggilan akrab Frediyanto mendapat penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga berupa “Bahkti Koperasi”. Itu adalah penghargaan tertinggi yang diberikan menteri koperasi untuk seorang praktisi koperasi yang dinilai sukses mengelola koperasi.

Penghargaan diterima di Hotel Karebosi, Makasar pada 11 Juli (malam) bersamaan dengan Peringatan Harkopnas ke-70, yang acaranya dihadiri Presiden Joko Widodo berseta ibu Iriana Jokowi.

“Terima kasih kepada pak Menteri Puspayoga, atas penghargaan ini. Ternyata, apa yang saya lakoni selama ini bergelut dengan koperasi puluhan tahun lamanya, tidak sia-sia. Ini buktinya,” tutur Frediyanto kepada Pipnews.co,id, usai pemberian penghargaan, yang kala itu dihadiri Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Gubernur Sulsel Sahrul Yasin Limpo dan para Deputi Menteri Koperasi dan UKM.

Yanto mengaku, dengan diterimanya penghargaan Bahkti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM, itu sudah menjadi modal awal untuk melangkah lebih maju mendapatkan penghargaan lebih tinggi dari Presiden RI, berupa Satya Lencana Wirakarya. Mudah-mudahan itu akan bisa dicapai pada tahun-tahun berikutnya,” imbuh Frediyanto.

Apa yang diterima Frediyanto, tentunya wajar-wajar saja. Sebagai GM yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan bisnis Kopdit Obor Mas, Frediyanto telah berhasil membawa Kopdit Obor Mas sebagai koperasi sukses dan cemerlang, dan menjadi koperasi percontohan terbaik di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Empat penghargaan bergengsi berlevel nasional juga sudah pernah diterima koperasi yang didirikan pada 1972 ini. Yaitu The Best Cooperative in Service Excellent of The Year dari Menteri Perekonomian RI pada Maret 2015; KSP Award 2015, Penghargaan 100 Koperasi Besar Indonesia dari Menteri Koperasi dan UKM; dan Award Dekopin.

Sesuai data yang diperoleh Pipnews.co.id, aset Kopdir Obor Mas pada 2016 tercatat sebesar Rp 504,093 miliar dengan pinjaman beredar Rp 411,278 miliar. Sedangkan jumlah anggota sebanyak 54.198 orang, tersebar di 9 kantor cabang di lima kabupaten, Sikka, Ende, Nagekeo, Flores Timur dan Lembata.

Dilihat dari jumlah anggota sebanyak itu, pada tahun 2016 Kopdit Obor Mas berada pada peringkat ke-5 dari 912 unit Kopdit se Indonesia. Sedang dilihat dari aset berada pada posisi ke-8 terbesar. (Yan)

1 Lacakbalik & Pingbalik

  1. Bhakti Koperasi Langkah Awal Mendapat Setya Lencana Wirakarya dari Presiden – PUSAT DATA ANGGOTA KOPERASI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*