Dinas Koperasi Jakarta Bangun Loksem di Samping Masjid Raya Dengan Dana CSR

Pipnews.co.id, Jakarta 7 September 2017

 

Sulitnya mengembangkan usaha di komplek Rumah Susun (Rusun) Pesakih Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, membuat Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta akan membangun Lokasi Sementara (Loksem) di samping Masjid Raya KH Hasyim Ashari, Cengkareng, Jakarta Barat.

Namun, pembangunan Loksem untuk para pedagang itu akan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR).  Kepala Dinas KUMKMP DKI Irwandi mengatakan sangat sulit membangun Loksem di Rusun Pesakih. Pasalnya, untuk wilayah Rusun sangat jarang sekali pembeli. “Kalau di Rusun mah sulit. Jarang banget pembelinya,” kata Irwandi, di Jakarta Selasa (5/9/2017).

 

Oleh sebab itu, dia mengatakan pihaknya akan memanfaatkan lahan seluas 500 meter persegi di samping Masjid Raya untuk dibangunkan Loksem pedagang. Karena memang lokasi itu dianggap strategis untuk para pedagang berjualan.

 

“Luasnya ada hampir 500 m2, dekat masjid yang baru itu. Jadi paling tidak setiap hari Jumat pasarnya bisa ramai,” ujar Irwandi memberi alasan..

 

Ia menambahkan, nantinya warga rusun bisa menggunakan pasar tersebut untuk berjualan. Dengan cara itu, Dinas KUMKM berharap kemampuan ekonomi warga penghuni rumah susun bisa meningkat.

 

Irwandi mengatakan program ini belum sempat dimasukan ke KUA-PPAS DKI 2018 karena baru muncul belakangan. sehingga dia memasukannya dalam program CSR Diperkirakan pembangunan Loksem oleh CSR itu akan menghabiskan dana sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar. “Kemarin sudah mulai dihitung-hitung luasannya oleh CSR dari perusahaan PT Mayora,” ujar dia. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*