Harkop di Tangerang Banten Dirangkai Dengan Pameran Produk Koperasi dan UKM.

Pipnews.co.id, Tangerang 7 September 2017

Peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-70 tingkat Provinsi Banten, dan sekaligus tingkat Kota Tangerang, diadakan secara bersamaan di komplek Pusat Pemerintahan Kota Tangerang  pekan lalu.

Hadir dalam acara yang dibuka oleh Ketua Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah ini, ratusan insan koperasi yang datang dari berbagai daerah di Provinsi Banten. Di sana juga tampak Walikota Tangerang H Arief Wismansayah, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Hj. Maysaroh Mawardi.

Selain diisi dengan acara hiburan, Harkop kali ini juga dirangkai dengan pelaksanaan “Harkop Expo”, atau Pameran Produk Koperasi dan UMKM se provinsi Banten. Ada 160 peserta (stand) koperasi dan UMKM yang ikut meramaikan peringatan Harkop yang mengambil tema  “Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan untuk Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Dalam sambutannya Ratu Tatu mengatakan, secara nasional puncak peringatan Hari Koperasi ke-70 sudah diadakan di kota Makasar pada 12 Juli 2017, dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Dalam kesempatan itu kata dia, Presiden telah menganugrahkan penghargaan kepada dirinya berupa Setyalencana Wirakarya.

Tapi tidak itu saja, tiga putra-putri terbaik dari provinsi Banten, juga mendapat penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga berupa “Bakti Koperasi”. Satu diantaranya adalah Walikota Tangerang Arief Wismansyah. Sedang lainnya Presiden Direktur Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Kamaruddin Batubara dan Ketua Koperasi Abdi Kerta Rahardja Hj. E, Farida.

Ratu Tatu mengatakan melalui peringatan Hari Koperasi di Provinsi Banten, dapat menjadi pemicu bagi masyarakat semakin bersemangat berkoperasi. Ia berpendapat, koperasi adalah alat yang ampuh untuk mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu keberadaannya harus terus dibina dan didorong untuk berkembang.

“Sebagai wadah perjuangan gerakan koperasi, Dekopinwil Banten senantiasa terus mendukung dan menggerakan masyarakat untuk menjadi anggota Koperasi. Karena dengan menjadi anggota koperasi masyarakat dapat meningkatkan perekonomiannya,” ujar Ratu Tatu, yang juga Bupati Kabupaten Serang dan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten.

Namun begitu, ia berpendapat, di era sekarang ini koperasi harus bisa menjawab tantangan zaman untuk tidak sekadar terfokus pada usaha simpan pinjam saja. Melainkan harus bisa menangkap peluang yang ada dengan terus mengembangkan bidang usaha jenis lainnya.

“Kecuali itu, koperasi juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan IT (terhnologi informasi) yang semakin hari semakin canggih. Jika tidak, koperasi akan terus tertinggal dengan pelaku ekonomi lainnya,” imbuh Ratu Tatu. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*