LPDB – KUMKM Sudah Salurkan Kredit Dana Murah Rp 8,49 Triliun

Braman Setyo, Dirut LPDB yang Baru.

Pipnews.co.id, Jakarta 11 September 2017

Sejak terbentuk tahun 2006 hingga sekarang Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kemenkop dan UKM telah berhasil menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 8,49 triliun kepada 1.012.287 UMKM melalui 4.299 mitra.

Direktur Utama LPDB Braman Setyo mengatakan hal tersebut, dalam sambutannya saat LPDB merayakan Ultahnya ke-11 pekan lalu. “Itulah hasil kinerja LPDB selama sebelas tahun ini,” ujarnya kepada wartawan.

Seraya menambahkan khusus untuk tahun 2017 dana bergulir yang disalurkan tercatat sebesar Rp405,27 miliar kepada 46.602 UMKM melalui 49 mitra di seluruh Indonesia.

Pada medio 2017 lanjut dia, LPDB mencetak pendapatan bersih sebesar Rp 119,35 miliar. Jika diakumulasi pendapatan bersih total dari 2006 hingga 2017 sebesar Rp1,63 triliun.

“Kami sadar PR LPDB ke depan masih banyak, antara lain daya serap koperasi belum seperti yang diharapkan, masih banyak yang mengajukan tetapi tidak layak berdasarkan bisnis dan kelembagaan,” kata Braman Setyo, yang mantan  Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM.

Selain itu, imbuh Braman, keterbatasan SDM dan beberapa infrastruktur pendukung serta adanya ketentuan LPDB tidak boleh membentuk cabang di daerah, mengakibatkan efektifitas dan efisiensi dalam penyaluran dana bergulir belum maksimal karena masih harus terpusat di Jakarta.

“Untuk memecahkan permasalahan penyaluran dana bergulir LPDB tersebut, kami akan membuat terobosan berupa financial technologi (Fintech) LPDB,” jelas Braman, yang mengantikan Dirut lama LPDB Kemas Daniel..

Fintech ini diharapkan dapat mempercepat proses assesment penyaluran dana LPDB untuk KUMKM, karena dilakukan secara online dan tanpa tatap muka. LPDB akan menyiapkan aplikasi berbasis web dan mobile apps untuk pengajuan pinjaman/pembiayaan ke LPDB.

“Kami selaku Dirut yang baru sangat berharap bahwa LPDB ini bisa menjadi lembaga yang benar-benar dapat menjadi solusi bagi pembiayaan Koperasi dan UKM. Mari sama-sama kita jaga rumah pembiayaan KUKM ini, sehingga dapat berkiprah terus dalam menyalurkan dana bergulir bagi Koperasi dan UKM,” harap Braman Setyo.

Selain menggagas Fintech, LPDB KUMKM juga akan melakukan modernisasi dengan melakukan tata kelola, tekhnologi informasi serta akan bekerja sama dan berkoordinasi dengan instansi-instansi dan lembaga-lembaga serta stakeholder yang ada di daerah.

Sekadar diketahui, susunan Direksi LPDB KUMKM di pimpinan Braman Setyo bertambah satu orang, yaitu Jaenal Arifin (Direktur Syariah), yang merupakan jabatan baru di LPDB. Lainnya adalah Sutowo (Direktur Umum dan Hukum), Fitri Rinaldi (Direktur Keuangan), Warso Widanarto (Direktur Bisnis), dan Adi Trisnojuwono (Direktur Pengembangan Usaha). (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*