Rumah Kreatif BUMN untuk UMKM Sudah Mencapai 175 Unit

Pipnews.co.id, Jakarta 13 September 2017

Saat ini Rumah Kreatif BUMN yang telah dibangun mencapai 175 unit. Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Devi Suradji.

“Per 13 September ini jumlah RKB untuk UMKM yang sudah dibangun sebanyak 175. Dengan jumlah petugas RKB yang memberikan pelatihan kepada UMKM sebanyak 319 orang,” kata Devi di Kementerian BUMN, Jakarta (13/9/17).

Rumah ini menjadi wadah bagi kolaborasi BUMN dalam mewujudkan Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM. Nantinya, rumah ini akan berperan sebagai pusat data dan informasi serta pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM.

Sementara itu, jumlah UKM yang terdaftar di rkb.id mencapai 179.746 UKM, yang terdiri dari 173.313 UKM go modern, 1.380 UKM go digital, dan 5.053 UKM go online. UKM yang sudah mencapai go online tersebut juga sudah terdaftar di situs Blanja.com dan bisa menjual produknya melalui website tersebut.

Nantinya, Kementerian BUMN akan memberikan penghargaan kepada UMKM dalam ajang Indonesia Business Development Expo (IBDExpo) 2017, guna meningkatkan kelas mereka menuju go online.

“Jumlah produk yang listing di Blanja.com mencapai 13.212 buah, dengan jumlah mencapai 3.313 transaksi. Dan total GMV di Blanja.com mencapai 863,3 juta,” imbuhnya.

Kementerian BUMN berharap pada tahun 2017 seluruh 514 kabupaten kota diseluruh Indonesia memiliki Rumah Kreatif sebagai bakti BUMN untuk meningkatkan peran UMKM di Indonesia.

Devi menambahkan, saat ini sudah ada 7 BUMN yang mengelola RKB dengan jumlah pelatihan mencapai 888. Namun, seiring berkembangnya waktu, kementerian akan menambah jumlah BUMN untuk mengelola RKB, mengingat akan semakin banyaknya RKB yang dibangun. (Sumber : Merdeka.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*