Kopdit Pintu Air, Koperasi Primer Nasional Pertama di NTT

Bupati Malaka Stefanus BS (dua dari kiri) dan Ketua Kopdit Pintu Air Yakobus JB (tiga dari kanan) saat peresmian kantor cabang Betum di Kabupaten Malaka NTT. (Ilustrasi/Istimewa)

Pipnews.co.id, Maumere 15 September 2017

Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air di Dusun Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, menjadi koperasi pertama di kabupaten Sikka dan di provinsi NTT yang terdaftar sebagai koperasi primer tingkat nasional sejak awal bulan September 2017.

Pintu Air masuk menjadi koperasi primer tingkat nasional, karena sudah memiliki kantor cabang pada minimal 3 provinsi yang ada di Indonesia dan Kopdit Pintu Air perkembangannya sangat pesat, serta pintar membaca peluang yang ada dengan membuka kantor cabang dimana-mana.

Demikian disampaikan Hilarius. L. Bura, Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi dan Usaha Kecil Manengah Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM kabupaten Sikka, saat ditemui Cendana News di kantornya, Selasa (12/9/2017).

Dikatakan Hilarius, Kopdit Pintu Air fokus pada pengembangan anggota bukan saja di provinsi NTT. Namun, juga merambah hingga luar provinsi NTT seperti di Makassar, Jawa Timur, NTB dan Papua.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih Kopdit Pintu Air dan berharap, agar koperasi ini bisa terus berkembang menjadi yang terbaik di level nasional, sehingga bisa mengharumkan nama Sikka dan NTT,” ungkapnya. Seraya menambahkan aset Kopdi Pintu Air sudah tercatat Rp 697 miliar.

Mengutip Cendana News dikatakan, di kabupaten Sikka terdapat 163 koperasi yang berbadan hukum. Di antaranya 5 koperasi merupakan primer koperasi tingkat provinsi, karena sudah memiliki kantor cabang pelayanan diminimal di 3 kabupaten/kota, seperti Koperasi Obor Mas, Tuke Jung, Suber Huter, Mitan Gita dan Hiro Heling. Sementara sisanya 148 unit masih merupakan primer koperasi tingkat kabupaten dan kota.

Sementara itu, Yakobus Jano, Ketua Kopdit Pintu Air, menjelaskan, Pintu Air memang sudah sejak 2016 mengajukan izin menjadi koperasi primer nasional dan memang sudah mendapatkan peningkatan status tersebut.

Dengan dikeluarkan status tersebut, tandas Yakobus, dalam bulan Oktober 2017 ini pihaknya akan membangun Kantor Cabang Pembantu di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk melayani anggota di daerah Sulawesi.

“Kami akan membangun kantor cabang di Makassar, agar anggota yang berada di Sulawesi bisa terlayani oleh kantor cabang tersebut, dan ini juga untuk mendekatkan pelayanan,” terangnya.

Hingga akhir bulan Agustus 2017, lanjut Yakobus, jumlah anggota Kopdit Pintu Air mencapai angka 174.258 anggota yang tersebar di 22 kabupaten dan kota di NTT, Bima provinsi NTB, Makassar, Sulawesi Selatan, serta anggota perorangan di Sorong, Papua dan juga Jakarta.

“Kami juga membuka swalayan, majalah dan tabloid, penyewaan kendaraan, ternak dan lainnya untuk mendukung pengembangan usaha serta meningkatkan  ekonomi anggota,” imbuhnya lagi. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*