Koperasi Kredit Obor Mas Masuk Seleksi Penyalur KUR

Pipnews.co.id, Jakarta 25 September 2017

Satu lagi lembaga koperasi dalam proses seleksi untuk masuk sebagai penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), yaitu Koperasi Kredit (Kopdit) Obor Mas. Apabila nanti lolos seleksi, maka koperasi yang berdomosili di kota Maumere, Kabupaten Sikka Provinsi NTT ini, akan resmi sebagai penyalur KUR non Bank.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati Barnas mengatakan, Kopdit Obor Mas, adalah koperasi sukses berprestasi tingkat nasional jenis simpan pinjam, dengan aset tahun 2016 sebesar Rp 604 miliar dan jumlah anggota sebanyak 64.198 orang. “Jadi kondisinya cukup sangat meyakinkan,” tutur Yuana, seperti kutip dari keterangan tertulis 25/9/2017).

Kata dia, maunya Kopdit Obor Mas sudah sangat ingin menyalurkan KUR secepat mungkin. Tapi lantaran masih ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, maka mau tidak mau harus diikuti. Peresyaratan itu antara lain adalah manajemen yang sehat dan tingkat likuiditas yang baik.

Saat ini, baru satu koperasi yang telah menjadi peserta penyalur KUR yaitu Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa yang berbasis di Pekalongan, Jawa Tengah. Dengan demikian, jika Obor Mas lolos maka akan ada dua koperasi penyalur KUR.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, realisasi penyaluran KUR hingga Agustus 2017 adalah Rp61,14 triliun atau setara dengan 55,6% dari target sepanjang tahun yang sebesar Rp110 triliun. Dana tersebut telah disalurkan kepada 2,73 juta debitur di seluruh Indonesia.

Dari 38 lembaga keuangan yang menjadi penyalur KUR, sebanyak 33 di antaranya berupa bank, empat lainnya lembaga pembiayaan, dan satu koperasi. Adapun nilai yang sudah disalurkan oleh Kospin Jasa sekitar Rp295 juta untuk 12 debitur. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*