Sosialisasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Kota Solok

Pipnews.co.id, Solok 26 September 2017

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Solok, Sumatera Barat telah  mengadakan Sosialisasi Fasilitasi Izin Usaha Mikro Kecil ( IUMK) bagi kalangan pelaku UMKM di kota itu. Sosialisasi diadakan pekan di  Aula Dinas Koperasi dan UKM dan dibuka oleh oleh Wakil Walikota Solok Reiner.

Reiner mengatakan tujuan dari kegiatan sosialisasi, adalah untuk memberikan informasi bagi pelaku usaha kecil di kota Solok tentang perlunya legalitas usaha. Legalitas usaha tersebut berupa IUMK, yang diberikan kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu sehingga pemilik sertifikat/izin mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan.

“Di sisi lain, mereka yang sudah memiliki IUMK akan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha. Kecuali itu juga akan mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank atau non-bank,” tutur Reiner, seperti dilansir Humas Dinas Koperasi UKM kota Solok.

Kata dia, banyak pelaku usaha yang masih belum mengetahui mengenai soal perizinan terutama di Kota Solok. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah pengurusan IUMK melalui Lurah atau Camat.

Masih Reiner dikatakanj, untuk mendapatkan IUMK maka pelaku UKM harus melampirkan beberapa dokumen yang mencakup: surat pengantar dari RT dan RW tempat tinggal, informasi jenis dan lokasi usaha, KTP, Kartu Keluarga, pas foto dan mengisi kelengkapan formulir. Dalam mengurus IUMK ini pelaku usaha tidak dikenakan biaya atau pungutan. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*