Susun Kode Etik Koperasi, Dekopinwil Gelar FGD

Pipnews.co.id, Madiun 28 September 2017

Dalam rangka menyusun Kode Etik Koperasi, Dewan Pimpinan Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Jawa Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Kartika Abadi – Madiun, sejak Selasa- Rabu, 26 -27 September 2017. Selasa (26/09/2017).

Ketua Dekopinwil Jatim, Drs.Ec. Tri Harsono dalam sambutannya menjelaskan bahwa FGD Penyusunan Kode Etik Koperasi untuk mendiskusikan tindak lanjut penyusunan dan penerapan Kode Etik Koperasi

“Selama ini saya masih melihat banyak koperasi yang menjalankan organisasi menurut aturan sendiri-sendiri dan berbeda sehingga terkadang memunculkan penyimpangan dalam berorganisasi,” ungkap Tri Harsono.

Contoh yang paling sederhana, lanjut pria yang akrab disapa Tri, sederhana adalah pelaksanaan RAT koperasi berbeda-berbeda dalam aturan pelaksanaannya yang terkadang kurang pas dalam menempatkan/memfungsikan posisi/kedudukan perangkat organisasi koperasi sehingga hal ini dapat menyebabkan konflik kepentingan.

“Selain itu kondisi saat ini banyak koperasi yang mengalami penurunan bahkan kebangkrutan akibat adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh pengurus dan pengelola koperasi akibat tidak ada aturan etika (kode etik) yang mengatur profesionalisme dalam berkoperasi,” tandasnya.

Dengan adanya kode etik koperasi ini, masing-masing pihak akan mempunyai batasan-batasa perilaku yaitu saling menghargai posisi masing-masing dalam berkoperasi.

“Dengan demikian munculnya friksi atau penyimpangan-penyimpangan dalam koperasi dapat diminimalisir,” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, acara FGD Penyusunan Kode Etik Koperasi tersebut diikuti Dekopinda Kab/Kota, Akademisi, Pusat, Gabungan dan Primer Koperasi Tk. Provinsi Jatim.

Sumber : Madiun%kabarpasar.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*