Sekretaris Kemenkop UKM Agus Muharram Mengajak Masyarakat Beli Batik

Pipnews.co.id Bekasi 2 Oktober 2017

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengimbau dan sekaligus mengajak masyarakat untuk membeli Batik sebagai wujud komitmen dan tanggungjawab melestarikan warisan budaya yang oleh UNESCO sudah pada 2 Oktober 2009. Himbauan ini kata dia sekaligus juga untuk memajukan industri Batik di Indonesia

“Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober ini, tak cukup dengan hanya mencintai produk dalam negeri saja khususnya Batik, namun belilah sebagai wujud komitmen dan tangungjawab melestarikan budaya leluhur sekaligus memajukan industri Batik,” tutur Agus dalam sambutannya pada peringatan Hari Batik Nasional di Bekasi 2 Oktober 2017.

Kata dia, tanggal 2 Oktober menjadi salah hari penting bagi kebudayaan Indonesia, terutama Batik. Sebab, pada hari itulah Batik diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

 

Pengakuan Batik sebagai warisan dunia ini berlaku sejak Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan atau UNESCO, menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

 

Mengutip situs UNESCO, teknik, simbolisme, dan budaya terkait Batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia. Bahkan, UNESCO menilai masyarakat Indonesia memaknai Batik dari prosesi kelahiran sampai kematian. Batik juga menjadi refleksi akan keberagaman budaya di Indonesia, yang terlihat dari sejumlah motifnya.

Pengaruh Arab dalam motif hias yang biasa ditemui di seni kaligrafi, pengaruh Eropa dalam bentuk motif bunga, pengaruh China dalam motif phoenix (burung api), hingga pengaruh India dan Persia dalam motif merak.

UNESCO mengakui Batik sebagai warisan dunia karena memenuhi kriteria, antara lain kaya dengan simbol dan makna filosofi kehidupan rakyat Indonesia.

Arkeolog Belanda, JLA Brandes, menyatakan bahwa Batik  merupakan salah satu dari 10 kebudayaan asli yang dimiliki bangsa Indonesia.

 

Adapun, motif Batik yang ada saat itu bukanlah motif raya yang dikenal seperti saat ini, melainkan pola ragam hias sederhana. Tradisi itu juga sudah ditemui di Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua, wilayah yang minim dipengaruhi kebudayaan Hinduisme atau Buddhisme dari India. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*