Mayjen TNI (Purn) Nachrowi Ramli Jadi Plh Ketua Umum Dekopin

Pipnews.co.id, Jakarta 3 Oktober 2017

Dua orang pimpinan vital Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mengalami pergantian sementara untuk memimpin Dekopin. Yang pertama Mayjen TNI (Purn) Nachrowi Ramli ditunjuk menjadi Plh Ketua Umum Dekopin menggantikan Nurdin Halid, selaku ketua umum terpilih.

Yang kedua DR. Agung Sudjatmoko ditunjuk menjadi Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dekopin menggantikan Hanafiah Sulaiman yang  mengundurkan diri sebagai Sekjen Dekopin. Pergantian dua orang petinggi Dekopin ini tertungkap dalam Rapat Pimpinan Paripurna Dekopin, yang digelar di Wisma NH  Jakarta pada 3 Oktober 2017.

Nurdin yang memimpin rapat mengatakan, bahwa dilepaskannya jabatannya untuk sementara di Dekopin, karena kesibukannya yang cukup padat belakangan ini. Selain mengurusi Partai Golkar, selaku ketua harian, ia juga semakin sibuk ke sana kemari lantaran ikut serta mencalonkan diri sebagai calon gubernur Provinsi Sulawesi Selatan pada Pilkada serentak 2018.  Maka itu wajar kalau ia kerab bolak balik Jakarta-Makasar.

“Oleh karena itu melalui forum rapat ini, saya mohon izin untuk sementara tidak mengurusi Dekopin. Sebagai pengganti, saya  menunjuk Nachrowi Ramli sebagai Plh Ketua Umum Dekopin. Setujukan,” ujar Nurdin, dan disambut dengan ucapan setuju dari peserta Rapat Paripurna.

Sekadar diketahui, Nachrowi Ramli, yang mantan Komandan Sandi Negara bukan lah orang baru, ia adalah juga satu diantara lima Wakil Ketua Umum Dekopin. Dengan demikian dia merangkap dua jabatan, Plh Ketua Umum Dekopin dan Wakil Ketua Umum Dekopin.

Sama halnya dengan Agung Sudjatmoko, juga bukan orang baru. Ia adalah Ketua Harian Dekopin periode 2014-2019.  Dengan demikian ia juga merangkap dua jabatan, Ketua Harian sekaligus Plt Sekjen Dekopin.

Lantas apa alasan Hanafiah mundur dari Sekjen Dekopin. Ternyata ia pindah kerja menjadi pejabat di Kementerian Koperasi dan UKM. “Saya telah diangkat sebagai Plh Kabid Pengembangan Permodalan Sendiri  di bawah Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati Barnas.

Hanafiah mengaku, meskipun ia duduk sebagai Sekjen Dekopin sekitar lima tahun lamanya, sesungguhnya ia adalah juga seorang PNS diperbantukan. “Sama hal seperti ketika terpilih menjadi Ketua Dekopinwil Aceh, ia adalah seorang PNS dikantor Gubernur Aceh yang diperbantukan di Dekopinwil,” ujarnya kepada Pipnews.co.id, seusai rapat paripurna. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*