Gandeng Unisla, Dekopinwil Rampungkan Database Online Koperasi Di Jatim

Pipnews.co.id, Lamongan 6 Oktober 2017

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinwil) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Litbang Pemas Universitas Islam Lamongan melakukan Optimalisasi Database Koperasi di Jawa Timur.

Menurut Ketua Bidang Organisasi Kelembagaan dan Keanggotaan Dekopinwil Jatim, Drs.H. Sudarto Ma’ruf kegiatan tersebut sebagai upaya menyajikan data secara online tentang koperasi di Jatim.

“Data itu nanti akan memuat Data Pokok Koperasi, Data Kesehatan Koperasi, Indikator Kelembagaan, Indikator Usaha dan Jenis Usaha,” jelas pria yang akrab disapa Darto ini, saat rapat di Kampus Unisla. Kamis (05/10/2017).

Dari data tersebut lanjut Darto, nantinya akan menjadi dasar untuk melakukan pemetaan koperasi di Jatim. Sehingga bisa diketahui apa kebutuhan koperasi dan apa yang harus dilakukan untuk pemberdayaan koperasi yang ada.

Darto menambahkan, pendataan tersebut akan dilakukan secara bertahap yang saat ini akan dilakukan di 10 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yaitu, Kabupaten Lamongan, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Mojokerto, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Gersik, dan beberapa daerah lainnya.

Kedepan hal tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan. Sekedar untuk diketahui, Se Jawa Timur ada 31 ribu lebih koperasi. Jumlah itu merupakan potensi yang sangat besar untuk diberdayakan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat. (Kang)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*