Dekopin : Bantu Fasilitasi Percepatan Berdirinya Kampung Digital KUKM

Pipnews.co.id, Pacitan 05 Oktober 2017

Kementerian Koperasi bersama Telkom dan pemerintah Kabupaten Pacitan meresmikan Kampung Digital KUKM yang ke 26 di Indonesia. Dalam sambutanya Deputi Restrukturisasi Usaha Abdul Kadir Damanik mentampaikan Kampung Digital KUKM merupakan bentuk fasilitasi pemerintah bersama Telkom dalam mempercepat pemberdayaan usaha khususnya KUKM. Di era digital perubahan menjadi keharusan karena pengelolaan usaha dan pemasaran yang dilalukan oleh KUKM akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan teknologi informasi. Bahkan bukan hanya otu saja memasarkan produk usaha akan lebih luar jangkauanya jika menggunakan IT.

 

Untuk itu Kementerian Koperasi menjadikan Kampung Digital KUKM menjadi program unggulan yang ditargetkan tahun 2017 ini sdh mencapai 50% dari jumlah kabupaten/kota yang ada. Harapan di lounchingnya Kampung Digital KUKM di Kabupaten Pacitan ini mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan produktivitas dan kinerja usaha kecil, yang sekaligus meningkatkan perekonomian daerah.

 

Bupati Pacitan H. Indartarto dalam sambutannya menyampaikan kondisi Kabupaten Pacitan membutuhkan percepatan pembangunan. Keterbatasan di daerah ini ditunjukan bahwa angka kemiskinan masih 15% dimana rata-rata tingkat kemiskinan di Jatim sdh 11%, IPM kabupaten juga masih di bawah rata-rata Jatim. Kondisi ini ditambah infrastruktur transportasi dan sarana lainya juga terbatas. Namun walau seperti itu potensi alam, khususnya wisata di kabupaten yang berjuluk Kota 1000 goa ini sangat besar. Banyak pantai sepanjang pantai selatan dr barat ke timur, goa dan wisata alam serta budaya yang bisa dikembangkan. Untuk itu kami membutuhkan bantuan berbagai pihak baik pemerintah pusat, BUMN, swasta maupun gerakan koperasi untuk bersama membangun kabupaten ini, ujar Bupati yang sekaligus politisi Partai Demokrat ini.

 

Ketua Harian Dekopin Agung Sudjatmoko dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan berbagai program yang sedang dan akan terus di kembangkan di Pacitan antara lain modernisasi pengelolan koperasi simpan pinjam, usaha toko koperasi dan peningkatan kapasitas pengelola koperasi dan UKM.

 

Pada kegiatan tersebut hadir Sartono Hutomo anggota DPR RI Komisi VI, Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Dandim Pacitan, dan forum komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten serta gerakan koperasi. (AGS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*