Ketua Dekopin Jatim Ajak Kampus Hidupkan Kembali Koperasi Mahasisw

pipnews.co.id

Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jawa Timur, Drs.Ec. Tri Harsono mengajak Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta untuk mengaktifkan kembali Koperasi Mahasiswa (Kopma) dimasing-masing Kampus yang sudah mulai banyak yang tidak aktif.

Ajakan tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Sosialisasi Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi di Hotel Royal Orchid Batu. Selasa (10/10/2017).

“Saat ini pengurus koperasi kebanyakan umur 50 tahun ke atas. Ini harus menjadi perhatian, agar tenaga-tenaga muda bisa tampil menjadi pengelola atau pengurus koperasi,” jelas Tri Harsono.

Untuk itu menurutnya, kedepan pihaknya berharap, dengan adanya modul kewirausahaan berbasis koperasi ini, nantinya modul tersebut bisa diterapkan dan masuk dikurikulum.

“Dengan modul ini juga nantinya bisa mendorong kopma-kopma yang tidak aktif, bisa aktif kembali,” tukasnya.

Sebab, pria yang akrab disapa Tri ini menambahkan, Koperasi mahasiswa keberadaannya sangat penting sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa. Selain itu juga sebagai ladang untuk usaha bagi para mahasiswa.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Drs. Mas Purnomo Hadi, M.M bahwa kedepan perguruan tinggi harus mampu melahirkan lulusan yang bisa menjadi pencipta lapangan pekerjaan bukan lulusan yang pencari kerja.

“Makanya modul kewirausahaan berbasis koperasi ini sangat penting,” tukas Mas Purnomo Hadi.

Dan selain itu, kaberadaan Kopma itu juga menjadi sangat penting untuk pembelajaran berkoperasi bagi mahasiswa. Dan lewat modul ini para mahasiswa belajar bagaimana cara dalam berkoperasi.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari yaitu, Selasa – Rabu (10-11-10-2017) itu diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan perguruan tinggi, perwakilan pembina koperasi siswa tingkat SMK, dan dari jajaran Lembaga dan Badan Khusus Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Timur. Dan hadir sebagai narasumber pada acara itu yaitu, Kirwani, M.M, Prof Dr. Maryunani, SE, MM. dan Drs. Joko Rokhani Sanjaya. (Kang)

Sumber : kabarpasar.net

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*