Kopdit CU Lantang Tipo Turut Berkontribusi Listrik Masuk Desa

Pipnews.co.id, Sanggau 11 Oktober 2017

Desa Sungai Muntik dan Desa Jantak merupakan dua desa yang terletak di Kabupaten yang berbeda. Desa Sungai Muntik terletak di Kabupaten Sanggau sedangkan Desa Jantak terletak di Kabupaten Sintang. Keduanya di Kalimantan Barat..

Pada beberapa tahun yang lalu kedua desa ini mempunyai kesamaan yaitu belum teraliri oleh listrik PLN. Sudah sejak lama warga desa hanya mengandalkan listrik dari mesin generator untuk memberi penerangan pada malam hari. Bahkan tidak sedikit juga yang hanya menggunakan cahaya pelita.

Warga Desa Sungai Muntik dan Desa Jantak sudah sejak lama mendambakan kehadiran listrik. Kendala yang menjadi terhambatnya pembangunan listrik pada kedua desa ini adalah jalur akses menuju ke desa yang belum memadai. Sekitar tiga tahun yang lalu, pemerintah desa mengadakan sosialisasi antara pihak PLN dengan warga desa, maka disepakatilah untuk pengadaan listrik tersebut.

Koperasi Kredit (Kopdit) CU Lantang Tipo sebagai lembaga keuangan juga turut berkontribusi dalam mewujudkan keinginan warga yang sebagian besar memang merupakan anggota koperasi itu.

Untuk mengadakan listrik ini maka Kopdit CU Lantang Tipo bekerjasama dengan mitra untuk memfasilitasi biaya pemasangan listrik ke rumah warga yang adalah anggota CU Lantang Tipo. Memasuki tahun 2015, rumah warga di Dusun Jantak, Dusun Lekan, dan Dusun Meningkat sudah teraliri listrik PLN.

Sedangkan untuk Dusun Sungai Muntik dan Dusun Kayu Tunu dapat terealisasi pada tahun 2017. Untuk masing-masing desa tercatat sebanyak 200 KK yang telah mendaftar melalui CU Lantang Tipo untuk mengaliri listrik ke rumah mereka. Salah satu warga Desa Jantak Petrus mengatakan kalau saat ini mereka sudah merasa nyaman dengan kehadiran listrik di desa mereka karena sebelumnya mereka hanya mengandalkan pelita untuk menerangi rumah pada malam hari.

Bagitu juga di Desa Sungai Muntik, saat ini warga di Desa Sungai Muntik dan Dusun Kayu Tunu sudah merasa nyaman dengan adanya listrik. Kepala Dusun Kayu Tunu Slamet mengatakan kalau saat ini biaya listrik mereka menjadi lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan genset.

Kehadiran listrik di Dusun Sungai Muntik dan Dusun Kayu Tunu juga tidak terlepas dari campur tangan Putra Dinsyah atau yang lebih akrab disapa Pak Jang. Beliau merupakan Kepala Dusun Sungai Muntik pada waktu itu yang sekaligus adalah kolektor Kopdit CU Lantang Tipo KC Erna sampai saat ini.

Dengan adanya listrik, harapannya warga di kedua desa ini semakin mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari terutama dalam mengerjakan sesuatu yang memerlukan tenaga listrik.

Sekadar diketahui, Kopdit CU Lantang Tipo yang berkantor pusat di Kecamatan Perindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat adalah koperasi kredit paling besar di Indonesia, baik dilihat dari pertumbuhan aset maupun keanggotaan. Pada 2016 jumlah anggota tercatat sebanyak 182.587 orang dengan aset Rp 2,591 triliun. Sementara kantor cabang pelayanan 16 unit tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Barat.  (Yan)

Dikutip dari laman Kopdit CU :Lantang Tipo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*