Pemuda Koperasi Di Jatim Gelar Deklarasi Penguatan Peran Pemuda Koperasi

Pipnews.co.id, Malang 14 Oktober 2017

Seluruh gerakan Koperasi Pemuda di jawa timur berkomitmen bekerjasama dalam mereposisi peran pemuda secara kelembagaan dijawa timur dalam menjawab tantangan global, para generasi milinial koperasi ini menuangkan ide serta gagasan dalam “DEKLARASI PENGUATAN PERAN PEMUDA KOPERASI DI JAWA TIMUR DALAM MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL”,  pada kegiatan Sosialisasi penguatan peran pemuda koperasi di jawa timur di Same hotel Malang (13/10/17)

Gabungan gerakan koperasi pemuda yang berdeklarasi diantaranya Badan Komunikasi Pemuda Koperasi (BKPK DEKOPINWIL JATIM), Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) Korwil Jatim dan Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI) Korwil Jatim. Dalam deklarasi tersebut BKPK JATIM diwakili oleh Jaenal arifin sebgai sekjend BKPK DEKOPIN JATIM, Budiyanto sebagai bendahara KOPINDO Korwil jatim dan Anang sebagai Korwil FKKMI Jatim.

“Deklarasi tersebut dilakukan atas dasar kesadaran bersama bahwa perlunya sinergi antar lembaga untuk mendorong dan mendampingi kader pemuda koperasi di Jatim”, kata Jaenal Arifin sekjend BKPK Jatim. Dalam sambutanya, Sebagai inisiator deklarasi tersebut dia optimis dengan sinergi antar lembaga tersebut akan menghasilkan kinerja yang jauh lebih maksimal di tengah tantangan era global ini.

Jaenal menambahkan “Selain itu langkah ini akan menjadi contoh awal kepada semua lembaga baik tingkat regional maupun nasional untuk bersama sama melakukan sinergi dalam melakukan pendampingan terhadap koperasi pemuda di indonesia.

Ditempat terpisah Abede Karim Kabasa selaku Ketua Kopindo dan BKPK Jatim ketika di hubungi mengatakan “ Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan terciptanya Kondisi dimana peran Pemuda Koperasi di jawa timur dalam menumbuh kembangkan koperasi menjadi ujung tombak masa depan koperasi di Indonesia”

Karim menambahkan “Di era generasi milenial sekarang ini yang segala sesuatunya bisa di dapat hanya melalui “Tap to Screen” koperasi harus mampu untuk ambil bagian dalam penguasaan teknologi informasi dan digitalisasi, kalau itu tidak dilakukan maka koperasi hanya sebagai penonton tanpa bisa melakukan peran apapun, saatnya pemuda yang berkarya demi kemajuan masa depan koperasi di jawa timur, saya berterimakasih kepada Dinas Koperasi dan UMKM Jatim dan Dekopinwil Jatim dalam mendukung kegiatan kegiatan ini”

Hadir pada kegiatan tersebut Drs. H. Sudarto Ma’ruf, MM selaku Ketua bidang kelembagaan dan keanggotaan DEKOPINWIL  JATIM dalam sambutannya “Dekopinwil akan mendukung sepenuhnya kegiatan pemuda koperasi di jatim, saya senang dengan inisiatif anak-anak muda BKPK ini dengan menggandeng lembaga lain untuk bersinergi dalam memberikan pendampingan penguatan potensi pemuda koperasi di jatim, kedepan setelah kegiatan ini kami perlukan gagasan dan tenaga anak muda untuk bersama memajukan koperasi dijawa timur”

Selain deklarasi, kegiatan sosialisasi penguatan peran pemuda koperasi di jawa timur dihadiri pula oleh 3 orang pemari yang kompeten sebagai langkah menguatkan kader pemuda koperasi di jatim yaitu Pemateri pertama yaitu Drs. H. Sudarto Makluf, MM selaku Ketua bidang kelembagaan dan keanggotaan DEKOPINWIL JATIM yang menyampaikan peran dan fungsi DEKOPIN dalam pemberdayaan pemuda koperasi di jawa timur, selanjutnya Pendi Yusuf Muchtar E, S.Sosi sebagai Ketua Umum KOPINDO Pusat menyampaikan tentang membangun jaringan kerjasama antar koperasi berbasis teknologi informasi. Dan yang ke tiga yaitu pemateri dari Catur Susanto, SAB, MAB dari kemenkop yang menyampaikan tentang penguatan data base koperasi pemdua di jawa timur dan program sertifikasi NIK dalam mendkung tata kelola koperasi pemuda yang berkwalitas.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pengurus 28 Koperasi Mahasiswa (Kopma) dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Se jatim dan Seluruh Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Koperasi (BKPK) Dekopindwil, Pengurus Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) Korwil Jatim dan Pengurus Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa  Indonesia (FKKMI) Korwil Jatim. [AK11]

Sumber : Tabloid Pendidikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*