Bupati Pangkep : NH Mampu Majukan Kesejahteraan di Kampung

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid bersama Bupati Pangkejene Kepulauan Syamsudin pada acara Pangkep EXPO sebagai rangkaian Hari Koperasi Nasional ke 70. (ist)

Pipnews.co.id, 14 oktober 2017

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pangkajene Kepulauan menggelar Pangkep Expo sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Mattampa Inn, Sabtu (14/10/2017).

Hadir dalam pembukaan Pangkep Expo, diantaranya Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Nurdin Halid, Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid, Wakil Bupati Pangkep, Ketua DPRD Pangkep, dan jajaran SKPD.

Dalam sambutannya, Bupati Pangkep mengakui urgennya peran koperasi dalam memajukan kesejahteraan ekonomi kerakyatan. Menurutnya, prinsip koperasi merupakan konsep paripurna dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat, utamanya di kampung-kampung.

Sayangnya, kata dia, implementasi peranan koperasi masih belum dioptimalkan. Sehingga, kesenjangan perekonomian masih terasa nyata. “Kalau mau ekonomi baik, ya lewat koperasi.¬† Makanya saya hadirkan Dekopin untuk majukan koperasi di Pangkep,” ungkap Syamsuddin menyambut kehadiran Ketua Dekopin, Nurdin Halid.

Karena itu, dia mengaku yakin konsep koperasi yang telah dikuasai kandidat Gubernur Sulsel tersebut mampu berefek pada peningkatan perekonomian rakyat di kampung. Apalagi, program usungan NH bersama pasangannya, Aziz Qahhar merupakan Gerakan Membangun Kampung yang memfokuskan pembangunan tanpa adanya kesenjangan.

Menanggapi hal tersebut, Nurdin Halid menuturkan, dirinya berkomitmen serius memajukan kesejahteraan masyarakat di kampung, termasuk melalui pemberdayaan koperasi. Karena pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan menjadi salah satu pilar pembangunan Sulsel ke depannya.

“Kita akan sediakan koperasi di tiap desa, jadi ada 3030 koperasi nantinya. Kalau dulu namanya KUD, semacam itu. Akan dikolaborasikan dengan Badan Usaha Milik Desa,” terang Eks Ketua Koperasi se-ASEAN ini.

“Pokoknya, kita akan maksimalkan supaya masyarakat yang menjadi ujung tombak penggerak ekonomi. Bukan investor luar, bukan kapitalis. Sudah saatnya masyarakat harus sejahtera,” tandas Vice President International Cooperative Alliance (ICA) Asia Pasifik.

Selain pembukaan Pangkep Expo, momentum ini juga sekaligus dirangkaikan dengan  penyerahan piagam opini WTP dari Kanwil Perbendaharaan Negara Sulsel, sertifikat halal kepada sejumlah ukm, bantuan sembako untuk panti asuhan, dan penghargaan koperasi terbaik se-Pangkep.

Sumber : KABAR.NEWS

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*