Dekopin Apresiasi SOBATKU Yang Sukses Menghimpun Dana Melalui KSP Mitra Sejati

Ketua Harian Dekopin Agung Sudjatmoko (tiga dari kanan) pada penarikan undian di Gedung Sampoerna Stategic (Istimewa)

Pipnews.co.id, Jakarta 17 Oktober 2017

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menyadari bahwa kehadiran produk simpanan berbasis online Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati “Simpanan Online Sahabatku”, atau SOBATKU, telah ikut mewarnai perjalanan koperasi Indonesia. Untuk itu, wajar-wajar saja kalau kepada pengelola SOBATKU diberikan apresiasi.

Ketua Harian Dekopin Agung Sudjatmoko mengatakan, bahwa apresiasi itu diberikan bukan mengada-ada. Tapi karena memang SOBATKU punya keunggulan tersendiri. “Buktinya,usia SOBATKU baru “seumur jagung”, tapi sudah mampu menghimpun dana miliaran rupiah,” tutur Agung di sela acara penarikan undian berhadiah bagi nasabah SOBATKU di Gedung Sampoerna Strategic, Jakarta (12/10/2017)

Agung mengatakan produk Simpanan Online Sahabatku memang baru diluncurkan pada 12 Juli lalu,  bersamaan dengan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 di kota Makasar Sulawesi Selatan. “Jadi usianya, kurang lebih baru tiga bulan” imbuh Agung lagi.

Sementara itu Pengawas KSP Mitra Sejati Dodong Cahyono mengatakan, Teknologi digital bisa memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat. Strategi itu telah dibuktikan oleh mitra bisnis PT Bank Sahabat Sampoerna, KSP Mitra Sejati. Sejak diluncurkan tiga bulan lalu, SOBATKU telah mengelola dana Rp9 miliar.  Simpanan itu berasal dari 11 ribu calon anggota yang tersebar di seluruh Indonesia atau lebih dari lima kali lipat jumlah anggota yang baru mencapai sekitar 2 ribu orang.

“Kalau kami harus door to door itu kan biayanya tinggi. Dengan teknologi digital ini, orang-orang bisa mempunyai tabungan dengan cara yang mudah, cepat, aman, dan murah sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa mengakses layanan keuangan dengan gampang,” ujar Dodong.

Menurut Dodong, potensi dana kelolaan yang bisa dijangkau oleh SOBATKU sangat besar mengingat besarnya jumlah populasi masyarakat Indonesia dan pasar koperasi. Sepanjang paruh pertama tahun ini KSP Mitra Sejati telah mengelola simpanan mencapai Rp1,8 triliun.
“Saya lihat, ke depan dana simpanan di Sobatku bisa sampai triliunan,” ujarnya, seperti dikutip dari CNN.

Meskipun demikian, Dodong tak ingin memasang target terlalu muluk untuk tahun ini dan ingin lebih fokus perbaikan fitur aplikasi. Salah satu cara untuk mengenalkan aplikasi SOBATKU adalah dengan menggelar promo undian berhadian saldo uang tunai bagi pemilik rekening SOBATKU di KSP Sahabat Mitra Sejati. Untuk ke-2 kalinya, KSP Mitra Sejahtera menggelar undian bulanan senilai total ratusan juta rupiah.
Selain grand prize senilai Rp100 juta yang diundi setiap tiga bulan, SOBATKU juga membagikan hadiah bulanan berupa saldo senilai Rp10 juta, Rp5 juta, Rp1 juta, Rp500 ribu, dan Rp100 ribu untuk ratusan pemenang.

Produk tabungan SOBATKU bisa diakses melalui telepon pintar (smartphone). Nomor seluler pengguna akan menjadi nomor rekening SOBATKU. Selain tidak dikenakan biaya admnistrasi, tabungan berbasis digital ini juga memberikan imbal hasil sebesar 1 persen per tahun.

Kegiatan tarik dan setor tunai bisa dilakukan melalui belasan ribu gerai mitra merchant Alfamart dan Alfamidi yang tersebar di seluruh Indonesia. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*