UMKM Terus Didorong Pajang Barang di Mall

(ilustrasi)

Pipnews.co.id, Malang 18 Oktober 2017

Dalam upaya memperluas jangkauan pemasaran produk, Pemerintah mendorong kolaborasi antara usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan pengusaha mall, di manapun berada.

Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Ditjen Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Sihard Hadjopan Pohan menjelaskan kolaborasi tersebut dilakukan untuk menghadirkan produk hasil UMKM di pusat perbelanjaan. Pihaknya menyebut telah mempertemukan kedua pihak untuk kerja sama sehingga nantinya lebih banyak ruang bagi UMKM di mall-mall seluruh Indonesia.

“Harus bisa menempatkan UMKM di mall ga cuma di Jakarta saja tetapi di seluruh Indonesia,” ujarnya dalam diskusi panel di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna Expo 2017, Malang, Jawa Timur, 14 Oktober 2017.

Pohan mengatakan pengembangan UMKM merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Bagi mereka yang telah mampu memiliki daya saing di dalam negeri, ke depan diharapkan mampu menembus pasar ekspor.

“Potensi UMKM jumlahnya semakin meningkat dan kontribusi UMKM terhadap ekspor juga terus meningkat,” jelasnya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebelumnya telah meminta pelaku pusat perbelanjaan berkolaborasi dengan pelaku usaha kecil dan mikro (UKM). Hal itu bertujuan untuk menciptakan pemerataan pembangunan.

“Saya mengajak para pelaku usaha saling berkoloborasi dan bekerja sama,” imbuhnya lagi.

Pihaknya menyatakan telah mengajak para pemilik pusat perbelanjaan untuk menyediakan ruang ritel bagi pelaku UKM. Dengan demikian, diharapkan produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha di sektor itu memiliki kemampuan untuk menembus pasar ekspor. “Dengan begini [UKM dan mall berkolaborasi] maka UKM akan naik kelas,” tandasnya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*