Wakil Bupati Siak: Melalui Koperasi Masyarakat Bisa Menjadi Mandiri

Pipnews.co.id, Siak 18 Oktober 2017

Hingga saat ini, pemerataan kesejahteraan masih belum bisa dirasakan oleh masyarakat, sehingga melalui koperasi diharapkan masyarakat bisa menjadi mandiri untuk mengembangkan usahanya, serta bisa diwujudkan dalam bentuk keberhasilan masyarakat dalam mengelola usahanya baik usaha kecil mikro maupun menengah.

Wakil Bupati Kabupaten Siak, Riau Alfedri, mengatakan hal tersebut dalam sambutannya pada peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-70 tahun 2017, yang diseleggarakan di halaman Kantor Koperasi Rimba Mutiara Banso, Kampung Kualo Gasib, Kecamatan Goto Gasib, Kabupaten Siak, Provinsi Riau pekan lalu.

Kata dia, untuk mendorong koperasi lebih berperan, maka pembinaan disana sini harus bisa  dilakukan,sehingga kedepan harapannya koperasi bisa meningkat dan bisa berinovasi dalam mengelola koperasi yang aktif dan menjadi sukses.

“Kami ingin menjadikan koperasi untuk bisa  mendorong dalam memberikan kesejahteraaan bagi masyarakat, sehingga transparansi dalam pengelolaan koperasi sangat diharapkan, maupun terhadap pengembangan IT nya yang bisa memacu perkembangan daerah”, kata Alfedri.

Kedepan, ia mengharapkan agar koperasi dan umkm bisa bersinergi bersama perusahaan lain, untuk dikembangkan kembali dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,  dengan pengelolaan yang baik dan berinovasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab.Siak Wan Fajri Aula mengatakan, peringatan Hari Koperasi Ke 70 yang mengusung Tema Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan Untuk  Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), juga bertujuan sebagai penyemangat motifasi dalam mengembangkan UMKM dikalangan masyarakat

“Semoga ini bisa menjadi motifasi dalam mengembangkan umkm di Kab Siak. Selain itu, ini merupakan kegiatan tahunan serta  momen untuk kesejahteraan dan pemerataan masyarakat sehingga tidak adanya kesenjangan ekonomi masyarakat, tentunya ini termasuk dari  tugas kita semua”, kata Wan Fajri.

Eriyanto selaku Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau menambahkan, peringatan hari koperasi hanya baru dilaksanakan di pekanbaru dan di Kabupaten Siak saja, untuk itu ia mengatakan, dilaksanakannya kegiatan ini juga bertujuan sebagai membangun sinergi bisnis managemen koperasi sehingga koperasi yang ada di Kabupaten Siak menjadi lebih baik untuk masyarakat.

“Kita tidak lagi mengacu kepada jumlah koperasi, namun kualitas yang diharapkan, sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar bisa meningkat dengan selalu berinovasi bagi koprasi tersebut. Mari kita bersama sama meningkatkan kualitasnya, sehingga koperasi yang ada bisa semakin maju dan berinovatif dalam mengembangkan usaha usahanya. Selain itu pemerintah juga selalu berupaya dalam memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap koperasi”, kata Eriyanto pekan lalu, seperti dikutip dari Riaugreen.com.

Peringatan Harkop juga diwarnai dengan penyerahan piagam  penghargaan kepada Koperasi berprestasi. Koperasi Rimba Muitiara (juara 1), KUD Buantan Jaya (juara 2), KUD Karya Tani (juara 3), Kop.Islamic Center Madinatul Ulum (kategori koperasi pelaksana RAT tercepat), KUD Mitra Usaha (kategori Koperasi SHU terbesar), Kop Air Kehidupan (kategori kop.Omset terbesar), Bpk Rawiyan Akhmad (kategori kepala kampung peduli koperasi), Novendra Kasmara kategori (Camat peduli Koprasi), Basuki Rahmat (kategori PPKL terbaik). (Yan)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*