Dekopinda Pematang Siantar, Sumut Gelar Harkop ke-70 Tahun 2017

Pipnews.co.id, Pematang Siantar 20 Oktober 2017

Dalam rangka memperingati hari bersejarah bagi gerakan koperasi Indonesia, maka Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara telah menggelar peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-70 tahun 2017. Peringatan yang diadakan pekan lalu di Mako Brimob Jalan A. Yani kota Pematang Siantar ini dibuka oleh Walikota Hefriansyah Noer SE, MM..

Dalam sambutannya Hefriansyah mengatakan,  sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional koperasi masih tertinggal dibandingkan soko guru lainnya, yaitu Swasta, BUMN, padahal jika dibandingkan dengan soko goro lainnya koperasi lebih memiliki peran dan potensi ekonomi yang cukup besar.

Demikian halnya dengan sektor Usaha Kecil Menengah UKM, sebagai unit usaha yang jumlahnya paling besar, dan perannya sering dikaitkan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran, memerangi kemiskinan, dan pemerataan pendapatan, dirasakan belum mampu memenuhi harapan yang diinginkan untuk menjadi salah satu sektor penting dalam penciptaan pasar baru bagi produk – produk unggulan Indonesia, baik dalam maupun luar negeri.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengembangkan sektor koperasi dan UKM di tanah air, melalui pemberdayaan potensi dan peluang bisnis sekaligus mencari solusi atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi, seperti permodalan, Sumber Daya Manusia, Teknologi, pemasaran dan lain sebagainya,” kata Hefriansyah.

Terkait pelaksanaan seminar koperasi berbasis IT yang diadakan bersamaan Harkop, Heriansyah berharap bisa mendorong koperasi di kota Pematangsiantar dapat berkembang pesat, karena nilai berkoperasi adalah kebersamaan dan kegotong royongan, maka harus didorong bersama untuk maju dan terus berbenah dari sisi SDM pengurus, manajemen, produk dan pola pemasaran. Selain itu Walikota juga menjelaskan, bahwa pemerintah kota memiliki bantuan partisipasi dana bergulir, “untuk itu tolong dimanfaatkan, diberdayakan dan dimaksimalkan”, katanya.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota pematang Siantar, Raja PS Janter Aruan SH mengatakan, dalam pelaksanaan Harkop ke-70 kali ini, Dekopinda sebagai tuan rumah bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM setempat beserta Pemkot Kota Pematang Siantar.

Kata Janter, ada dua kegiatan yang dilaksanakan mengiringi Harkop di mmaksud. Yaitu pelaksanaan seminar koperasi berbasis IT dan penanaman 2000 bibit pohon, yang penanamannya di sebar kepada para pengurus koperasi yang ada di kota Pematangsiantar.  “Secara simbolis, sebanyak 300 bibit pohon di tanam Walikota Hefriansyah, SE, MM di Mako Brimob ,” ujar Janter Aruan kepada Pipnews, seperti dukutip dari keterangan tertulis.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM dan Perdagangan Drs. Kalbiner Lumbantungkup, M.Si, Ketua panitia peringatan Harkop, Pasca Yosef Manurung SE, serta kepala sekolah SMA negeri 4 Pematangsiantar Barmen Manurung, dan seluruh perwakilan koperasi di kota pematangsiantar. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*