Presiden Joko Widodo Resmikan LKM Syariah Pesantren Kempek Cirebon

Pipnews.co.id, Cirebon 21 Oktober 2017

Presiden Jokowi didampingi Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan Ketua DPR-RI Setya Novanto meresmikan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKM) “Bank Wakaf Mikro” di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Jumat (20/10).

OJK mendukung gagasan Presiden untuk memperluas inklusi keuangan untuk mengurangi ketergantungan terhadap rentenir, khususnya di lingkungan para santri. Donasi terhadap LKM Syariah disalurkan dengan imbal hasil yang setara 3% setahunnya.

Wimboh mengatakan, pendirian LKM Syariah ini merupakan bagian dari program inklusi keuangan OJK yang diharapkan mampu memberdayakan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di lingkup pesantren dan sekitarnya. Kata dia, dilibatkannya tokoh agama seperti ulama pengasuh pesantren diharapkan dapat meningkatkan akses keuangan kepada masyarakat kecil.

“LKM Syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat di lingkungan pesantren,” ujar Wimboh di lokasi acara, seperti dilansir Kompas.com

Wimboh menjelaskan, karakteristik utama lembaga ini adalah adanya pendampingan dan pendekatan kelompok, tidak menghimpun dana dari masyarakat dan LKM Syariah ini diberi izin dan diawasi oleh OJK.

“Sumber dana berasal dari para donatur, dan menyalurkan pembiayaan dengan imbal hasil rendah, setara 3 persen pertahun,” kata Wimboh. Seraya menambahkan, para calon nasabah LKM Syariah akan mendapatkan pelatihan dasar terlebih dahulu sebelum menerima pembiayaan.

Kemudian, calon nasabah juga akan diberikan pendampingan secara berkala mengenai pengembangan usaha disertai dengan pendidikan agama yang dilakukan setiap kali pertemuan kelompok.

“OJK akan terus mendorong program LKM Syariah ke pesantren-pesantren lainnya di seluruh Indonesia. Program pemberdayaan masyarakat melalui LKM Syariah di lingkungan pesantren merupakan usulan kami untuk menjadi program unggulan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang diketuai oleh Presiden,” kata Wimboh. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*