Rektor IAIS Dorong Koperasi Kampus Jadi Laboratorium Ekonomi di Sambas

Pipnews.co.id, Sambas 20 Oktober 2017

Rektor Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (IAIS) Dr H Jamiat Akadol M.Si MH mengungkapkan, koperasi merupakan satu-satunya lembaga keuangan non bank, yang mampu tumbuh dan berkembang serta berorientasi mensejahterakan masyarakat yang tergabung di dalamnya.

 “Jadi, koperasi merupakan satu-satunya lembaga keuangan non bank, yang bisa bersaing dan mampu mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya saat sosialisasi pendirian koperasi kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIS dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas, Kamis (19/10/2017).

Mengutip Tribun Sambas, Jamiat mengatakan, lembaga pendidikan sudah seharusnya berperan aktif dalam mendorong perekonomian. Serta menciptakan sumber daya manusia yang siap terjun di tengah-tengah masyarakat. Ini tentu bisa membantu pemerintah, untuk mendongkrak dan mensejahterakan tarap hidup masyarakat.

Kata dia, dengan jumlah mahasiswa IAIS hampir mencapai 2000 orang, belum lagi ditambah dosen serta staf yang berjumlah 135 orang, sehingga hal ini bisa menjadi modal penting sebagai laboratorium ekonomi di Kabupaten Sambas.

“Dengan dorongan dan semangat ini, saya berkeyakinan IAIS Sambas ke depannya mampu menjadi Laboratorium Ekonomi kabupaten Sambas,” tutur Jamiat.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIS, Dr Sumar’in MSI menambahkan, koperasi IAIS Sambas ini memang diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIS, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup mahasiswa, dosen maupun masyarakat Kabupaten Sambas yang tergabung di dalamnya.

“Menjadi harapan kami bahwa cita-cita bersama civitas akademika IAIS Sambas, dengan hadirnya koperasi ini nantinya akan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melaksanakan praktikum bank mini. Kami juga berharap, ke depannya koperasi ini mampu berbuat untuk menggerakkan ekonomi di masyarakat,” jelasnya.

Irham, satu di antara mahasiswa Perbankan Syariah IAIS menyambut baik atas pendirian koperasi di lingkungan IAIS Sambas tersebut. “Semoga dengan hadirnya koperasi ini, akan mampu memenuhi kebutuhan perkuliahan saya,” sambungnya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*