Disdagkop-UKM Riau Gelar Rapat Koordinasi Pemberdayaan Koperasi UKM

Pipnews.co.id, Pekanbaru 22 Oktober 2017

Dalam rangka meningkatkan koordinasi, konsolidasi dan sinergi antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota sehingga tersusunnya rencana kebutuhan Kegiatan Tahun 2018 menyangkut permasalahan UMKM, maka Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Provinsi Riau mengadakan Rapat Koordinasi Program Permberdayaan Koperasi dan UMKM.

Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur Riau yakni, Wan Thamrin Hasyim didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Dra. Yulwiriati Moesa.

Dalam pembukaan Wan Thamrin menegaskan “Seluruh OPD baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk bersinergi dalam rangka menumbuh kembangkan pelaku usaha, karena kita menyadari bahwa untuk menumbuhkembangkan wirausaha perlu dilakukan secara terintegrasi oleh OPD terkait baik produksi, kualitas, pemasaran maupun pelaku usaha.”

Berdasarkan laporan dari kabupaten/kota, bahwa jumlah UMKM hingga september 2017 sebanyak 277.980 unit usaha. Berbagai permasalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM agar bisa bersaing antara lain, faktor produksi, kualitas produk, pemasaran dsb.

“Saya mintakan kepada dinas yang membidangi UMKM untuk terus melakukan pembinaan agar tumbuh dan berkembangnya UMKM yang memiliki daya saing” tegas Wan Thamrin di Pekanbaru, pekan lalu.

Sementara itu, Yulwiriati mengatakan, rapat koordinasi itu diikuti 40 Peserta Provinsi yang terdiri dari pejabat dan widyaiswara Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau Sedangkan Peserta Kabupaten / Kota sebanyak 36 orang yang terdiri dari Bapedda Kab/Kota sebanyak 12 orang. Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota 24 orang (terdiri dari Kepala Dinas 12 orang dan pejabat/ Staf pendamping.

“Sedang Narasumber didatangkan dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Bappeda Provinsi Riau dan Kanwil Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Riau. Acara ini diadakan 11 – 13 Oktober 2017 di Hotel Grand Central,” ujar Yulwiriati, seperti dikutip dari mketerangan tertulis. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*