Rakernas Dekopin Dipimpin Plh Ketua Umum Dekopin Nachrowi Ramli

pipnews.co.id, 26 Oktober 2017

Ada yang tampak berbeda dari pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) ke-II Tahun 2017, yang diadakan di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta pada 24-16 Oktober 2017. Pasalnya, di sana tidak tampak hadir Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid. Lantas, Ada apa?

Ternyata, pimpinan Dekopin sekarang ini – untuk  sementara waktu bukan lagi Nurdin Halid. Melainkan sudah dipegang oleh Mayjen (Purn) Nachrowi Ramli, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum Dekopin. Wajar kalau kemudian Rakernas ini dipimpin Nachrowi Ramli, yang juga adalah Wakil Ketua Umum Dekopin Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Hubungan Luar Negeri.

“Melalui Rakernas ini perlu saya beritahukan, bahwa pada Rapat Pimpinan Paripurna Dekopin tgl 3 Oktober lalu, yang dipimpin langsung oleh Nurdin Halid, saya telah ditunjuk sebagai Plh Ketua Umum Dekopin untuk masa waktu beberapa bulan ke depan ,” kata Nachrowi dihadapan peserta Rakernas, sekitar 150 orang.

Nachrowi mengatakan, alasan Nurdin Halid menyerahkan kepemimpinan kepada dirinya, karena beliau punya kesibukan luar biasa beberapa bulan ke depan ini. Antara lain karena ikut mencalonkan diri sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan pada Pilkada serentak 2018.

“Oleh karena itu melalui Forum Rakernas ini, mari kita doakan bersama Nurdin Halid terpilih menjadi Gubenur Sulsel periode 2018-2023,” ujar Nachrowi. Seraya menambahkan, bahwa Nurdin Halid adalah juga Ketua Harian Partai Golkar, serta Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Selatan.

Adapun agenda yang dibahas pada Rakernas ke-II, menurut Nachrowi terdiri dari enam materi. Yaitu (1) Laporan Perkembangan Pelaksanaan Program Dekopin Tahun 2017, (2) Laporan Hasil Pengawasan Pelaksanaan Program Dekopin 2017 oleh Pengawas, (3) Sosilaisasi Rencana Kerja Dekopin tahun 2018.

Di luar itu juga membahas Panel Kebijakan dan Program Dekopin yang meliputi enam bidang. Yaitu Bidang Organisasi dan Kelembagaan Dekopin, Bidang Advokasi dan Hubungan Luar Negeri, Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Bidang Pengembangan Usaha Koperasi, Bidang Pengembangan Usaha Kelautan dan Perikanan, sertaq Bidang Pengembangan Keuangan dan Permodalan Koperasi.

Kecuali itu, Rakernas juga diisi dengan pencerahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dalam hal ini dibawakan oleh Tirta Segara, Anggota OJK Bidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Sementara di sela acara pembukaan dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di Bidang Pendidikan antara Dekopin dengan PT. Nurdiputra Lestari. Naskah Mou ditandatangani Nachrowi Ramli dan Dr. Nurul Hermina dari PT Nurdiputra Lestari.

Rakernas yang dibuka oleh Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga, diikuti Pimpinan Paripurna Dekopin, Badan Pengawas, Majelis Pakar dan Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil), yang datang dari 34 Provinsi. Di sana juga tampak Sekda D.I Yogyakarta Ir Gatot Saptadi (mewakili Gubernur) serta Kepala Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yogyakarta Cristina Lucy Irawati. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*