Ini 12 Koperasi Diduga Bermasalah dan Dalam Pengawasan Kemenkop UKM

Pipnews.co.id, Jakarta 28 Oktober 2017

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) kini tengah mengawasi dan mewaspadai keberadaan 12 koperasi bermasalah karena diduga telah melakukan praktik menyimpang.

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno mengatakan hal tersebut kepada wartawan di kantornya, Jakarta (26/10/2017).

Kata dia, 12 koperasi dimaksud adalah Koperasi Cassava Agro (Bogor), KSP Pandawa Mandiri Grup (Kota Depok), KSP Wein Sukses (Kupang), KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera (Cirebon), KSPPS BMT CSI Madani Nusantara (Cirebon) dan Koperasi Pandawa/ Koperasi Indonesia (Malang),

Selanjutnya, Koperasi Bintang Abadi Sejahtera (Bogor), Koperasi Segitiga Bermu da (Gowa), Koperasi Merah Putih (Tangsel), Koperasi Budaya Bank Bumi Daya (Riau), Koperasi Harus Sukses Bersama (Jambi), dan Koperasi Karya Putra Alam (Gunung Putri, Bogor).

Suparno meminta kepada seluruh kepala dinas yang mengurus koperasi dan UKM untuk punya keberanian menerapkan sanksi bila ditemukan koperasi bermasalah di daerahnya, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Bahkan termasuk dalam hal membubarkan koperasi sah-sah saja dilakukan, apabila sudah tidak bisa lagi dibina sehingga ke depan tidak akan ada lagi koperasi bermasalah,” tutur Suparno. Seraya menambahkan, betapa memang pentingnya pengawasn terhadap koperasi.

Menurut Suparno, reformasi koperasi di canangkan Kemenkop dan UKM bertujuan untuk menciptakan koperasi berkualitas. “Untuk menuju ke arah itu, pengawasan menjadi faktor yang penting”, ujarnya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*