MEMBINCANG “PURWOKERTO KOTA KOPERASI” BERSAMA BUPATI BANYUMAS

Pipnews.co.id , Purwokerto Jawa Tengah

Kamis, 26-10-2017, di Pendopo Sipanji, gerakan koperasi yang terhimpun dalam organisasi Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia) Daerah Kabupaten Banyumas menggelar Agenda “Ngobrol Santai” dengan Bupati Banyumas, Bapak Ir. Achmad Husein.  Agenda ini merupakan bagian dari rangkaian HUT Koperasi Tahun 2017 yang digelar oleh Dekopinda Banyumas. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyumas juga beserta jajaarannya ikut  serta di acara.

Juguran kali ini dikemas dalam tajuk “Purwokerto Kota Koperasi”, sebuah konsep perjuangan gerakan koperasi di lingkungan Kab. Banyumas sampai dengan tahun 2022.

Gagasan ini awalnya disuarakan oleh Kopkun Institute yang secara konsepsi memiliki tujuan besar berikut ini :

  1. Upaya sistematis membangun ekosistem yang baik agar mendukung tumbuhnya  koperasi-koperasi yang benar. Sehingga mengurangi praktik koperasi abal-abal
  2. Mengembalikan momen bersejarah Purwokerto sebagai tempat lahirnya koperasi, yaitu  Menjadikan Purwokerto sebagai tempat kejayaan koperasi di masa depan.
  3. Targetnya: (i) jumlah anggota pemilik koperasi bertambah menjadi 70% warga Banyumas dan (ii) jumlah koperasi yang baik bertambah dan; (iii) menurunnya jumlah koperasi abal-abal.
  4. Manfaatnya: agar masyarakat terlayani dengan prima oleh koperasi-koperasi yang baik. 

Untuk mendukung perwujudannya di tahun 2022, dirumuskan tahapan capaian sebagai berikut:

  1. Tahun 2018 KONSOLIDASI Koperasi dan Gerakan Koperasi
  2. Tahun 2019 PROMOSI Koperasi Bagus ke masyarakat luas
  3. Tahun 2020 CAPAIAN Kualitas Koperasi dan Jumlah Anggota Koperasi
  4. Tahun 2021 DAMPAK Koperasi Nyata di Masyarakat
  5. Tahun 2022 PELEMBAGAAN Purwokerto Kota Koperasi

Bupati Banyumas meng-apresiasi tinggi Terhadap gagasan Purwokero Kota Koperasi (PKK).”Agenda PKK ini merupakan kehendak yang sangat luhur dan membanggakan Kab. Banyumas”, ungkap beliau dipembukaan obrolan Bapak Ir Achmad Husein.

Dalam pandangan beliau, ada beberapa indikator keberhasilan PKK ini, antara lain :

  1. Koperasi hadir di keseharian hidup mayoritas Masyarakat Kabupaten Banyumas
  2. Koperasi-koperasi di lingkungan Banyumas memiliki capaian dan prestasi yang layak  dibanggakan dan ditauladani. 
  3. kalau orang mau mendengar, mau melihat dan mau belajar koperasi di Indonesia,  maka belajarnya ke purwokerto.

Untuk mencapai hal tersebut,  langkah2 serius dalam mewujudkannya. Tahapan2 yang sudah nenjadi milling stone  harus didetailka, terukur,  dan dievaluasi secara periodik sehingga di tahun ke-5, PKK benar-benar mewujud dan keberadaan koperasi efektif menolong masyarakat Banyumas.

Dalam obrolan santai tersebut, Bapak Ir.Achmad Husein juga menyampaikan apresiasinya terhadap koperasi-koperasi di lingkungan Kab. Banyumas.”Saya mendengar langsung  dari pihak propinsi bahwa di Kab. Banyumas lebih banyak koperasi yang hidup”. Oleh karena itu, Pemkab Banyumas sangat men-support gerakan PKK ini, sebab keberhasilan koperasi adalah keberhasilan Pemkab dan berlaku pula sebakliknya.  Untuk itu, kami berharap koperasi terus berbenah dan meningkatkan kualitas pengelolaannya koperasi mampu menekan angka kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran sehingga gap antara si miskin dan sikaya semakin kecil. Beliau men-contohkan, bila koperasi kristal sukses dan bisa ekspor dengan harga yang baik, maka akan mengangkat harkat martabat masyarakat miskin.

Sebagai bentuk daya dukung nyata, Bupati pun bertanya kepada para pejunga koperasi yang hadir di Pendopo, “apa yang harus dilakukan oleh Pemkab agar mencapai  Sukses luar biasa kaitanya dengan program PKK ini?”.

Tanya inipun memantik semangat peserta juguran koperasi kali ini untuk bersuara. Diskusipun berlangsung gayeng dan ragam komitmen pun tersepakati demi men-sukseskan PKK, antara lain:

  1. Akan diadakan pertemuan lanjutan dengan tim perumus untuk men-detailkan konsep PKK sehingga lebih terarah dan terukur.  Hal ini termasuk tentang distribusi peran efektif apa yang harus dilakukan oleh Pemkab, apa yang harus dilakukan Dekopinda dan apa yang harus dilakukan gerakan koperasi.
  2. Kalau saat ini Pemkab Banyumas baru menyiapkan pinjaman permodalan murah bagi pelaku UMKM, maka akan digagas Perbup Dana Bergulir bagi Koperasi agar bisa meng-  akselerasi tumbuhkembang usaha-usaha koperasi di lingkungan Kab. Banyumas.

Dipenghujung acara, Bupati Banyumas berkenan menyerahkan hadiah dan piala kepada 3 (tiga) pemenang Lomba Pidato Bahasa Jawa Banyumasan.

Sumber Berita : Website Dekopinda Banyumas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*