IBM Kunjungi Kemenkop UKM Untuk Kerjasama Pelatihan Wirausaha

Pipnews.co.id, Jakarta 1 November 2017

 Pada hari Senen 30 Oktober 2017, Deputi Bidang SDM Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM) Prakoso BS telah kedatangan dua orang tamu dari IBM. Yaitu Corporate Affairs Manager IBM for Asia Pacific and Greather China David Raper dan Country Manager CCCA IBM Indonesia Santi Diansari Hargianto di Jakarta.

Menurut Prakoso, kedatangan mereka adalah dalam rangka meningkatkan kerja sama sinergi pelatihan kewirausahaan dengan IBM internasional di seluruh Indonesia pada 2018

.”Tahun depan, kerja sama sinergi program dengan IBM akan kita lebih difokuskan. Di antaranya, fokus tujuan dan fokus program. Sinergi itu akan kita jadikan sebagai base practice yang akan diterapkan di daerah-daerah,” kata Prakosa, seperti dikutip dari ketarangan tertulis.

Prakoso menjelaskan, Kemkop UKM sudah banyak melakukan kerja sama program pelatihan dan bantuan wirausaha pemula melalui dana CSR IBM untuk pengembangan kewirausahaan di Indonesia, bagi masyarakat dan mahasiswa.

“IBM tertarik untuk meningkatkan kerja sama program dengan Kemkop dan UKM karena kita memiliki program konkret pengembangan kewirausahaan, yaitu program bantuan kewirausahaan bagi wirausaha pemula,” jelas Prakoso.

IBM tertarik untuk mengembangkan aplikasi Laporan Akuntansi Untuk Usaha Mikro (Lamikro), khususnya bagi kalangan usaha mikro penyandang disabilitas. “Saat mengadakan program pelatihan tahun 2018 di Solo beberapa waktu lalu, IBM Inggris, Jerman, India, dan Pakistan, India, Amerika Serikat, Nigeria, mengakui pentingnya aplikasi Lamikro untuk diterapkan bagi penyandang disabilitas di Indonesia”, kata Prakoso. Seraya menambahkan pelatihan kewirausahaan tahun depan, telah dipilih tiga kota sebagai pilot project yaitu, Surabaya, Makassar, dan Kulon Progo di Yogyakarta. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*