PUM, Konsultan Belanda Siap Membantu UMKM di Pontianak

Pipnews.co.;id, Pontianak 5 November 2017

Setelah 30 tahun berdiri di Indonesia dan menyelesaikan lebih dari 200 ribu proyek, Netherlands Senior Expert (PUM) merambah Kota Khatulistiwa.

PUM merupakan organisasi non provit asal Belanda yang bertujuan untuk membantu UMKM di negara-negara berkembang.

Kepala Perwakilan PUM di Indonesia, Joost van Oort  mengatakan, di Pulau Jawa sudah banyak proyek yang diselesaikan. Namun di Kalimantan belum ada sama sekali.

Menurut Joost van Oort, Kalbar umumnya dan Pontianak khususnya memiliki potensi yang baik untuk pengembangan UMKM. Karena itulah dia ingin membantu UMKM di Kalbar untuk berkembang. Bantuan yang diberikannya berupa konsultasi dan pendampingan untuk UMKM mikro maupun makro.

 Bertolak dari latar belakang PUM yang memiliki 1500 ahli di bidangnya dan bekerja dengan sukarela yang tersebar di seluruh dunia, Joost van Oort yakin kehadiran PUM di tengah-tengah UMKM sangatlah membantu.

Cara kerja PUM sangat sederhana, mereka menghadirkan konsultan dan pendamping yang ahli, yang didatangkan langsung dari Belanda dan tidak perlu dibayar sama sekali untuk transportasi dari Belanda menuju Pontianak.

“UMKM yang ingin didampingi hanya perlu membayar biaya tempat tinggal berupa hotel, biaya transportasi dari hotel menuju UMKM dan biaya sehari-hari,” ujar Joos, seperti dilansir Tribun Pontianak. pekan lalu.(Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*