KSP3 Nias Punya Aset Rp 500 Miliar dengan Anggota 73.000 Orang

Pipnews.co.id, Medaq 6 November 2017

Boleh jadi belum banyak yang tahu, bahwa ternyata di Pulau Nias, ada koperasi sukses dan cemerlang. Itulah Koperasi Simpan Pinjam Pengembangan Pedesaan (KSP3) Nias di Kecamatan Hilimegai, Kabupten Nias Selatan, Sumatera Utara. Berkat sukses koperasi ini, telah menghantarkannya meraih predikat sebagai Koperasi Terbaik di Sumtera Utara tahun 2017.

 

Terungkap dalam acara peringatan Hari Koperasi ke-70 di Sumatera Utara beberapa waktu lalu, bahwa KSP3 Nias ini, dulunya adalah Cedit Union (CU), yang kemudian menjelama menjadi sebuah Koperasi.

Ketua KSP3 Nias Fasarudin Halawa SPd kepada wartawan mengatakan, kehadiran koperasi di Nias dinilai sangat membantu masyarakat terutama untuk mendapatkan modal bagi pengembangan usaha. “Jadi kini KSP3 Nias, tak ubahnya seperi “Bank Mini” di pedesaan,” ujar Fasarudin di sela Harkop ke-70.

Mengutip Harian SIB Medan, Fasaruddin bercerita, koperasi yang berdiri sejak 13 Mei 1987 di Togizila Kecamatan Lolowau, Nias atau sekarang Kecamatan Hilimegai, Nias Selatan oleh seorang misionaris dari Belanda Frater Amator Semm Biarawan Gereja Katolik Keuskupan Sibolga.

Awalnya nama Credit Union (CU), dan sejak 1999 berganti menjadi YPKM. Kemudian 20 November 2002 berganti nama menjadi KSP3 Nias, ungkapnya. “Saat ini jumlah anggota kurang lebih 73 ribu yang tersebar di 4 Kabupaten Nias dengan total asset Rp500 miliar yang tersebar di 5 kabupaten/kota di Kepulauan Nias dengan 25 kantor cabang dan satu kantor pusat,” katanya.

Kepercayaan masyarakat Nias untuk bergabung ke koperasi cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah anggota setiap tahunnya. KSP3 Nias menargetkan dalam beberapa tahun ke depan lebih dari dua per tiga masyarakat Nias menjadi anggota koperasi.

“Jumlah penduduk Nias berdasarkan sensus 2014 sebanyak 764 ribu jiwa lebih. Tentunya potensi ini akan terus digali agar semakin banyak lagi jumlah warga yang menjadi anggota koperasi,” ungkapnya.

Menurut Fasarudin, program tersebut merupakan target KSP3, mengingat koperasi berada di desa, sehingga lebih mudah dijangkau masyarakat yang membutuhkan dana.

Susunan pengurus KSP3 Nias, Ketua Fasarudin Halawa SPd, Wakil Ketua Faowanolo Gulo, Sekretaris Taliia Waruwu, Bendahara Yulianus Mendrofa SPd dan dilengkapi beberapa anggota. Dewan Pengawas Dalifati Ziliwu SPd. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*