Anggota Koperasi Kredit Lantang Tipo Terbesar di Indonesia.

Pipnews.co.id, Pontianak 7 November 2017

Tambahan jumlah anggota tampaknya masih menjadi prioritas bagi sejumlah pengurus koperasi. Tak terkecuali Koperasi Kredit (Kopdit) CU Lantang Tipo yang berbasis di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Koperasi ini punya target mendongkrak nilai aset menjadi Rp 2,8 triliun. Adapun saat ini, aset yang sudah terkumpul mencapai Rp 2,75 triliun dengan volume usaha sebesar Rp 1,8 triliun. Artinya, Kopdit Lantang Tipo membidik pertumbuhan aset 8,5% dari tahun lalu yang tercatat Rp 2,58 triliun.

Ketua Kopdit CU Lantang Tipo, Thomas mengatakan, tambahan jumlah anggota juga berbanding lurus dengan jumlah aset. “Artinya, juga sama-sama bertumbuh,” kata Thomas di sela acara peluncuran 100 besar Koperasi Indonesia pekan lalu di Jakarta.

Koperasi yang berdiri 2 Februari 1976 ini, kini memiliki 186.000 anggota. Sampai akhir tahun ini, manajemen Lantang Tipo menargetkan ada tambahan 1.000 anggota lagi sehingga jumlah anggota koperasi bisa tembus 187.000 di akhir tahun nanti

Saat ini Lantang Tipo memiliki 50 cabang yang tersebar di Kalimantan Barat. “Untuk saat ini kami tidak ada rencana ekspansi penambahan cabang,” ungkap Thomas.

Tidak adanya ekspansi  bisnis koperasi ini hingga akhir tahun lantaran koperasi tersebut ingin meningkatkan kualitas layanan bagi semua anggota. Baru lah mulai tahun depan Lantang Tipo mulai ekspansi.

Salah satunya dengan menambah cabang anyar. Tapi cabang baru tersebut masih tetap ada di Kalimantan Barat. “Agar biaya operasional tidak terlalu besar,” kata Thomas.

Meski punya aset triliunan, Thomas mengaku pihaknya masih belum tertarik menjadi penyalur KUR. Sebab semua fokus usaha koperasi ini berlandaskan kepada anggota.

Sekadar diketahui, dengan aset sebesar Rp 2,75 triliun yang dimiliki Kopdit CU Lantang Tipo, ,maka koperasi ini berada di urutan kedua terbersar di Indonesia, setelah Kospin Jasa Pekalongan. Sedang dilihat dari peringkat jumlah anggota berada diurutan pertama dengan anggota sebanyak 186.000 orang. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*