Danaprospera.com, Fintech Pertama yang Berbentuk Koperasi

Pipnews.co.id, Jakarta 22 November 2017

Sudah lahir sebuah fintech yang mempertemukan pemodal dan pencari dana yang dijamin oleh guarantor berupa koperasi atau lembaga usaha. Fintech yang didirikan oleh Koperasi Cakradhara Dana Mandiri (CDM) terbilang unik karena danaprospera adalah fintech pertama yang mempertemukan lembaga financial seperti koperasi, venture capital, dll dengan investor publik.

Menurut Dewan Penasehat Koperasi Cakradhara Dana Mandiri (CDM) Raden Aldi Ferdian, Fintech Danaprospera berbeda dengan fintech yang selama ini ada. Melalui danaprospera, dana investasi dipastikan aman karena dijamin oleh lembaga keuangan dan bisa diambil dalam pendek. Selain itu, sertifikat danaprospera juga bisa diperjualbelikan melalui mekanisme lelang.

“Kami berani mengklaim danaprospera merupakan fintech pertama di Indonesia yang memberikan jaminan keamanan dana serta investasi bisa dilakukan dengan sangat fleksibel”, ujar Raden Aldian di SCBD Jakarta pekan lalu.

Mengutip tribunnews.com, Aldi menambahkan, banyak koperasi dan lembaga keuangan di daerah memiliki nasabah yang memiliki usaha yang memiliki prospek baik. Akan tetapi mereka tidak memiliki persedian dana untuk investasi. Koperasi ini dapat menawarkan prospek usaha tersebut kepada investor melalui danaprospera sekaligus menjadi penjamin bagi investor.

 

“Kalau fintech lain mempertemukan peer to peer landing, kalau kami menjadikan koperasi yang mengajukan dan merekomendasikan pinjaman sebagai guarantor,” tambah Aldi.

 

Koperasi lembaga penjamin yang menjadi mitra danaprosepera adalah koperasi yang telah terstandarisasi. Disamping itu setiap pembiayaan selalu disertai underlying aset sebagai jaminan.
“Kami bertugas melakukan filtering kepada koperasi lembaga keuangan yang masuk ke danaprospera. Hanya koperasi yang memiliki terstandarisasi yang akan dilisting. Demikian juga pencari modal juga telah difilter oleh koperasi atau lembaga keuangan yang menjadi guarantor,” lanjutnya.

 

Ia menyatakan pendirian fintech danaprospera dilandasi keinginan untuk membantu masyarakat terutama kalangan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang kesulitan mendapatkan dana untuk usaha. Oleh karena itu, danaprospera melakukan launching bertepatan dengan Hari Pahlawan tanggal 10 November. “Kami mengambil semangat kepahlawanan untuk membantu masyarakat khususnya di bidang ekonomi”, tambahnya.

 

Koperasi Cakra Dana Mandiri sudah berpengalaman bekerjasama dengan masyarakat terutama sektor usaha kecil, petani dan pengrajin di berbagai daerah di Indonesia.

Dari pengalaman tersebut tercetus ide untuk mengatasi kebutuhan dana usaha masyarakat.Aldi yakin melalu fintech danaprospera akan membantu koperasi dan masyarakat Indonesia. Sekaligus membantu menggairahkan ekonomi Indonesia yang sedang suram serta memperbaiki citra koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia dan lembaga ekonomi yang menjadi amanat UUD 45. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*