Nachrowi Ramli : Dekopin Akan Membangun Indonesia dari Desa

Pipnews.co.id, Solo 23 November 2017

Plh. Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) H. Nachrowi Ramli menyampaikan bahwa Dekopin akan membangun Indonesia dari desa. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Revitalisasi Koperasi Perdesaan dengan Tema “Fasilitasi Penyusunan Business Plan, Kamis (23/11/2017) di Hotel Lor In Surakarta – Solo.

“Sesuai dengan salah satu Nawa Cita Pemerintah bahwa pemerintah akan membangun Indonesia dari pinggiran. Maka untuk menterjemahkan hal tersebut, Dekopin akan membangun Indonesia dari Desa yaitu dengan meningkatkan usaha Koperasi Perdesaan,” ujar pria yang akrab dipanggil Nachrowi.

Purn. Mayor Jendral AD ini juga menyampaikan bahwa koperasi harus siap dalam menghadapi dinamika ekonomi yang bergerak sangat cepat dan dinamis. “Perkembangan teknologi informasi membuat Ekonomi sekarang bergerak sangat cepat dan dinamis melampaui jarak, ruang dan waktu. Banyak departement store dan mall tutup akibat daya beli melemah. Fenomena tersebut berbanding terbalik dengan tingginya pendapatan masyarakat. Sekarang itu masyarakat sudah beralih melakukan jual beli secara online dari pada harus datang ke mall. Hal tersebut menjadi peluang bagi koperasi untuk meningkatkan usahanya. Tetapi dengan syarat, koperasi harus mampu mengaplikasikan teknologi informasi tersebut dan jangan sampai keluar dari jati diri koperasi.

Nachrowi menambahkan bahwa pada kegiatan ini harus benar-benar bermanfaat. “Kegiatan ini kan untuk membuat dan menyusun profil, menyusun action plan dan menyusun bussiness plan koperasj. Jangan sampai nanti hanya membangun mimpi tetapi harus lebih aplikatif sehingga mampu bermanfaat untuk koperasi ujar mantan pengurus koperasi Kedubes RI di Kairo – Mesir.

Senada dengan Nachrowi, penanggungjawab pada kegiatan tersebut, Yusuf Budi Sartono menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri 120 koperasi perdesaan baik itu koperasi sekunder maupun primer yang memiliki produk unggulan. Tujuannya adalah untuk menyusun Business Plan.[Elc] Sumber : PipnewsJatim.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*