Anak Usaha Kospin Jasa Sudah Melantai di BEI Melalui IPO

pipnews.co.id

Kementerian Koperasi dan UKM mendorong koperasi maupun anak usahanya untuk bisa melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui initial public offering (IPO). Hal ini telah dimulai dengan melantainya anak usaha Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Pekalongan di pasar modal.

Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga menyatakan melantainya anak usaha Kospin Jasa, yaitu PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMAS), merupakan langkah awal untuk mengantarkan koperasi lainnya melantai di BEI..

“Dari dulu saya dorong koperasi masuk IPO, dan hari ini sudah terjawab melalui anak usaha Kospin Jasa. Tahun depan, kami dorong untuk masuk IPO lagi tapi saya gak bisa prediksi,” kata kata Puspayoga saat peluncuran IPO Kospin Jasa di BEI, Jakarta, Senin (18/12).

Meski demikian, Puspayoga menyatakan sedang menyiapkan tujuh perusahaan koperasi. Sayangnya dia belum bisa menyebutkan perusahaan mana saja. Tujuh perusahaan tersebut dinilai memiliki potensi. “Kami menyiapkan koperasi yang sehat dan manajemennya bagus,” lanjutnya.

Upaya untuk mengantarkan perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus dilakukan. Salah satunya yang juga disiapkan masuk adalah perusahaan koperasi maupun anak usahanya.

Menurut Puspayoga, konsep pasar modal, sama dengan konsep yang diterapkan dalam koperasi. “Kalau sudah terbuka, maka perusahaan sudah menjadi milik masyarakat. Ini adalah yang pertama, dan mimpi saya sudah terjawab,” imbuh menteri.

Sementara itu, Ketua Umum Kospin Jasa Andi Arslan Djunaid mengatakan, PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk resmi tercatat di BEI dengan kode saham JMAS. Emiten ini didirikan oleh Kospin Jasa dan pelaku ekonomi koperasi Indonesia.

Kata dia, JMA Syariah berdiri pada 15 Agustus 2014. Perusahaan mendapatkan pengesahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk beroperasi sebagai asuransi jiwa syariah pada September 2015. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*