Koperasi Kredit Pintu Air Mematok Target Pertumbuhan 60%

Pipnews.co.id, Maumere 9 Januri 2018

Sejumlah pebisnis koperasi yang bergerak di sektor pinjam meminjam uang mulai ambil ancang-ancang demi merealisasikan target bisnisnya. Satu diantaranya adalah Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air.

Koperasi primer yang berbasis di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut sudah mematok target pertumbuhan aset hingga 60% sampai akhir tahun 2018 ini. Target tersebut berkaca dari tambahan aset di akhir tahun 2017 yang tumbuh 32% dari Rp 612 milair di tahun 2016 menjadi Rp 813,68 miliar pada 2017.

Ketua Kopdit Pintu Air Yakobus Jano mengatakan, pihaknya sudah mempunyai beberapa strategi bisnis supaya target bisnis yang dipatok tersebut bisa tercapai di akhir tahun ini. Misalnya dengan menambah jumlah kantor cabang pelayanan, yang tahun ini ditargetkan akan membuka16 unit kantor cabang baru. Adapun kota yang dibidik salah satunya adalah kota Bima di NTB dan Surabaya di pulau Jawa.

“Pada tahun lalu, Koperasi Pintu Air juga telah menambah kantor cabang hingga ke kota Makassar,” ujar Yakobus, seperti dikutip dari keterangan tertulis. Ia menambahkan,  jumlah cabang Kopdit Pintu Air saat ini tercatat 45 unit, yang tersebar di hampir semua kabupaten dan kota NTT.

Nah lanjut Yakobus,  adanya tambahan cabang koperasi ini sudah pasti bakal mendorong pertambahan jumlah angota koperasi. Sayang, ia tidak merinci target jumlah anggota koperasi pada tahun ini. Adapun saat ini jumlah anggota koperasi ini sudah mencapai  173.320 orang.

Tapi ia menyebut, setidaknya untuk bisa membuka satu cabang koperasi harus ada persyaratan. Yang utama adalah cabang tersebut punya dana simpanan dan pinjaman sebesar Rp 1 miliar. Syarat lainnya adalah cabang tersebut juga sudah punya sekitar 1.000 anggota.

Sekadar diketahui, tahun lalu Kopdit Pintu Air menyalurkan pinjaman sebesar Rp 919,32 miliar dari simpanan Rp 560,43 miliar.  Selain simpan pinjam, koperasi ini juga punya bisnis toko ritel yang beroperasi di kantor pusat Maumere,Sikka, NTT. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*