Kota Denpasar telah Memiliki Mal Pelayanan Publik

Hasil gambar untuk mal pelayanan terpadu kota denpasar

PIPNews, Denpasar – Sistem pelayanan terpadu satu atap saat ini menjadi solusi karena pengurusan administrasi dan lainnya menjadi semakin mudah dan singkat. Seiring perjalanan waktu sistem satu atap pun dirampingka lagi menjadi satu pintu, atau dikenal pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Dibanding pelayanan-pelayanan publik sebelumnya, otomatis soal waktu kini makin efisien.

Masyarakat untuk pegurusan surat-surat penting akan selesai dalam satu ruangan. Bahkan kini pelayanan publik akan makin efisien waktunya karena jenis pelayanannya ditambah. Nama tempat pelayanan pun didekatkan dengan nama kekinian (jaman now) atau lebih gaul dinamakan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Salah satu daerah yang telah mengistilahkan hal tersebut adalah Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Provinsi Bali. MPP dengan mana Sewaka Dharma Kota Denpasar ini memiliki 154 jenis layanan, dari 12 sektor perizinan dan nonperizinan. Lembaga ini berada di bawah naungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kota Denpasar.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Kota Denpasar, I Made Kusumadiputra, mal tersebut merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kota Denpasar. Masih jelas dia, Pemkot Denpasar juga akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara berkesinambungan biar warga dapat menikmati berbagai jenis layanan berada dalam satu atap yang cepat dan efisien.

“Sehari setelah diluncurkan, warga Denpasar tampak antusias memanfaatkan mal pelayanan publik pertama di Bali ini. Pelayanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) menjadi salah satu layanan yang paling ditunggu,” ujarnya di Denpasar, Selasa (13/2).

Masih kata Kusumadiputra, mal pelayanan publik ini juga menyiapkan 41 jenis layanan dari instansi vertikal, seperti Polri yang melayani perpanjangan SIM A dan C, SKCK dan surat keterangan kehilangan. Selain itu ada pula konter Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). “Layanan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pajak, Imigrasi, dan Badan Pertanahan Nasional juga bisa diakses melalui mal pelayanan publik ini,” jelasnya lagi.

Untuk meningkatkan konektivitas sambung Kusumadiputra juga disediakan layanan rekomendasi dalam menunjang kelancaran perizinan dari organisasi perangkat daerah (OPD). Seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Badan Pendapatan Daerah dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Namun kata I Made lagi, Khusus untuk pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil jumlah pelayanan dibatasi hanya 400 antrean per hari. “Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat agar dalam satu harinya masyarakat dapat terlayani,” jelasnya.

Adapun untuk pelayanan perpanjangan SIM A dan C sebagai tahap awal dibatasi hanya 25 blanko per hari. Mengingat sarana dan fasilitas penunjang sedang dilengkapi. Tetapi prinsipnya kata dia, pihaknya akan terus maksimalkan agar semua layanan dapat optimal dan masyarakat terlayani dengan baik.

Untuk dapat menikmati MPP tersebut, masyarakat Kota Denpasar dapat memanfaatkannya setiap hari kerja. Senin – Kamis dari pukul 08.00-14.00 dan khusus Jumat mulai pukul 08.00-11.00 wita. Dsl/AWes.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*