Pensiunan Masih Bisa Dilayani Kredit Rumah

Hasil gambar untuk kpr btn

PIPNews, Jakarta – Jika selama ini para pensiunan kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR), kini tidak lagi. PT Taspen (Persero) telah menggandeng piahk lain agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah memasuki masa pensiun tetap mendapatkan solusi tersebut.

Sedikitnya ada  tiga pihak lain yang kini mendukungnya, yakni Bank Mandiri Taspen, Bank BTN dan Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI). Mereka telah bersepakat memfasilitasi pensiunan untuk mendapatkan hunian.

Demikian dijelaskan Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro di Auditorium PT Taspen, Jakarta Pusat, Senin (12/2). Lebih lanjut Iqbal mengatakan, kerja sama ini akan memberikan keistimewaan dan kemudahan bagi peserta Taspen mendapatkan dukungan perbankan, meski meeka telah memasuki masa pensiun. Bank-bank tersebut tetap memberikan jangka waktu maksimum cicilan hingga usia 70 tahun.

“Jelas ini solusi karena peserta dapat mengangsur dalam jagka waktu lebih panjang dan angsuran yang lebih rendah sehingga keterjangkauan memiliki rumah akan tercapai dengan baik,” ujarnya pada awak media.

Sesuai data dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan-Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS), pada 2016 terdapat 960 ribu orang dari 4,5 juta ASN di Indonesia yang belum memiliki hunian. Hal tersebut dipengaruhi banyak faktor, diantaranya kendala finansial dan lokasi hunian yang tidak strategis.

Masih terkait hal tersebut, Iqbal menyebut saat ini peserta Taspen berjumlah sekitar 7 juta orang, yaitu 2,5 juta pensiunan dan kurang lebih 4,5 juta pegawai aktif. Melalui kerjasama tersebut imbuh Iqbal, Taspen akan bertindak sebagai pihak yang mengidentifikasi kebutuhan hunian layak diantara para peserta. Selanjutnya akan difasilitasi pembiayaannya oleh Bank BTN dan Bank Mandiri Taspen lalu pengadaannya oleh REI.

“Bagi yang mau bayar uang muka tapi kreditnya panjang, ada Bank BTN, tidak bayar uang muka tapi angsurannya tinggi, ada Bank Mantap (Mandiri Taspen). Sedangkan bagi yang mau lokasi dimana dan seperti apa, kita juga ada REI,” jelasnya lagi.

Hadir dalam penandatanganan kerja sama (MoU) tersebut, Dirut Bank BTN Maryono, Dirut Bank Mandiri Taspen Joshepus Triprakoso dan Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata. Dsl/AWes.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*