Sekjen Dekopin: Nurdin Halid Sosok Pejuang Koperasi

Pipnews.co.id, Jakarta – Langkah Nurdin Halid (NH) bertarung pada Pilgub Sulsel 2018 membawa harapan sekaligus semangat pengembangan koperasi dan usaha kecil. Toh, pasangan Aziz Qahhar Mudzakkar merupakan tokoh koperasi nasional yang sangat paham ekonomi kerakyatan.

Sekretaris Jenderal Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN), Neddy Rafinaldy, mengungkapkan sosok NH tidak bisa dipisahkan dengan koperasi dan usaha kecil.
Bekas Wakil Presiden Koperasi Asia Pasifik itu bahkan memulai karirnya dari bawah pada tingkatan Koperasi Unit Desa atau KUD di pelosok Kabupaten Pinrang.

Dengan kerja keras dan kinerja yang amat baik hingga dipercaya memimpin Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) sebagai Ketua Umum. Di mata Neddy yang mantan Deputi Menteri Koperasi & UKM, NH bukan sebatas tokoh koperasi, melainkan bisa dibilang pejuang koperasi.

Komitmen membangun dan mengembangkan koperasi ditunjukkan NH bukan saja karena jabatan selaku Ketua Umum Dekopin. Di setiap kesempatan, ia memang selalu memperjuangkan koperasi, seperti semasa masih menjabat anggota DPR RI.

“Komitmen Pak Nurdin Halid membangun dan mengembangkan koperasi dan usaha kecil tidak perlu diragukan. Beliau sudah banyak membantu dan memang selalu memperjuangkan koperasi dan usaha kecil yang memang berlandaskan ekonomi kerakyatan,” ujar Neddy, di kantor Dekopin, Jakarta (23/3)

Ditambahkan oleh Neddy “saya sengaja berkomitmen memutuskan membantu NH sebagai Sekjen DEKOPIN karena NH itu sarat dengan ide-ide besar, kreatif & sejalan dengan kepentingan ekonomi tetapi waktunya beliau sedikit”
Neddy melanjutkan keputusan NH bertarung pada Pilgub Sulsel 2018 sempat membuatnya kaget.

Pasalnya, mantan Ketua PSSI itu memiliki karir yang lebih baik di pentas nasional, bahkan internasional. Belakangan, setelah mendapatkan penjelasan mengenai kondisi ketimpangan di Sulsel, ia pun memahami niat tulus pengabdian NH yang ingin membangun tanah kelahirannya.

“Kita doakan saja beliau sukses. Saya kenal betul Pak Nurdin Halid merupakan sosok pekerja keras yang selalu mampu membawa lembaga atau organisasi yang dipimpinnya sukses. Karena itu, kita percaya tatkala ditakdirkan memimpin Sulsel, maka seluruh permasalahan klasik bisa tuntas,” ucap Neddy.

Doa dan dukungan bagi NH pada Pilgub Sulsel 2018 mengalir kencang, termasuk dari jejaring Dekopin. Dalam hal ini 34 Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) di tingkat provinsi dan 450 Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) di tingkat kabupaten dan kota

Sebelumnya, Ketua Dekopinwil Jawa Timur, Mardjito Gisan Atmojo, mengungkap NH sosok yang berani dan tegas. Kenal sejak 1996, Mardjito sudah menganggap mantan manajer PSM Makassar itu sebagai sahabat.

“Saya sudah sejak tahun 1996 bersahabat dengan beliau. Bukan hanya di Dekopin, tapi juga sebelumnya di Inkud, Karena kami memang pernah sama-sama pengurus di Induk KUD” tuturnya.

Mardjito berharap NH dapat sukses memenangkan hati masyarakat untuk menjalankan amanah sebagai Gubernur Sulsel. Melayani dan mengabdi untuk masyarakat bersama Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz)..

“Mudah-mudahan sukses. Kebetulan wakilnya, ustad Aziz pernah berteman dengan saya lima tahun di DPD RI. Kami dari jawa timur mendoakan mudah-mudahan sukses,” pungkasnya.(Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*