Federasi Pekerja Mandiri Jateng Bentuk Koperasi

Pipnews.co.id, Semarang – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Federasi Pekerja Mandiri (FPM) Jateng membentuk koperasi sebagai wadah bagi anggotanya untuk berinteraksi sekaligus membangun sinergi usaha bersama. FPM Jateng saat ini anggotanya terdiri dari para pengusaha kecil dan pekerja di berbagai bidang usaha di provisi Jawa Tengah.

”Organisasi ini merupakan wadah bagi para pelaku usaha, khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tak hanya pelaku usaha anggota FPM, juga ada yang dari pegawai hingga akademisi yang kemudian memiliki gagasan mendirikan koperasi sekitar setahun lalu,” ungkap Ketua Koperasi FPM Jateng Sejahtera Anang Wibowo di sela-sela Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017 di Gedung Marhaen Semarang, Sabtu (7/4).

Menurut dia, pembentukan koperasi ini ide awalnya dari keinginan pengurus untuk membangun usaha bersama mulai dari peternakan, pertaninan hingga simpan pinjam. Modal seluruhnya berasal dari iuran anggota sebesar Rp 20 ribu per bulan untuk setiap anggota.

”Untuk pinjaman kami belum bisa memberikan banyak karena modalnya masih kecil, maksimal pengucuran pinjaman per orang maksimal Rp 4 juta,” jelas Anang, yang waktu itu didampingi wakil bidang usaha Sunarna.

Anang menjelaskan, langkah yang dijalankan oleh FPM termasuk dalam pengelolaan koperasi adalah memudahkan anggotanya dalam menjalankan roda bisnisnya. Dengan demikian, antaranggota bisa langsung bertransaksi langsung tanpa harus melalui pihak ketiga. ”Dengan demikian, harga juga tidak melambung terlalu tinggi dari harga dasar,” ujarnya.

Selain melalui koperasi, lanjut dia, FPM juga memfasilitasi bagi pengusaha skala lebih besar dengan menghubungkan dengan perusahaan permodalahan seperti Sarana Jateng Ventura (SJV) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI. Namun demikian, untuk memperoleh penerima harus diseleksi lebih dulu, sedangkan FPM sebagai organisasi yang akan memberikan rekomendasi tentang kelayakan usahanya.

“Sebab, UMKM seringkali terkendala mengenai permodalan maupun bantuan dana dari bank guna pengembangan usaha,” imbuh Anang lagi. SM/Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*