Bank BRI akan Menggelar Event UMKM Ekspor 2019

Popnews.co.id, Jakarta – Gelaran event UMKM Ekspor yang akan diselenggarakan oleh Bank BRI pada 20 Desember 2019, sekaligus menyambut 124 tahun usia Bank BRI. Acara tersebut mendapat apresiasi dan sambutan baik Menteri Koperasi dan UKM. Event tersebut akan menghadirkan 155 UMKM orientasi ekspor yang sudah dikurasi Bank BRI dan 72 buyer asal luar negeri yang akan melakukan business matching dengan UMKM binaan Bank BRI.

Menurut Wakil Dirut Bank BRI Catur Budiarto, gelaran tersebut akan dihadiri Menkop dan UKM Teten Masduki. “Undangan kami ternyata mendapat respon yang baik dari Pak menteri dan akan menghadiri acara tersebut,” ungkapnya usai menemui Menkop dan UKM di ruang kerjanya, di Jakarta, Rabu (18/12).

Ia menambahkan, gelaran evet tersebut juga sebagai apresiasi dari Bank BRI terhadap UMKM binaan yang sudah melakukan kegiatan ekspor. Dimana event itu juga bertujuan agar UMKM bisa mengenal pasar yang lebih luas lagi. Selain itu lanjut Catur, akan ada kegiatan yang dapat memperkaya kemampuan UMKM. Diantaranya, mengenai kemasan produk, teknik melakukan ekspor, dan masih banyak lagi. “Ini event pertama kali yang BRI lakukan, dimana ke depannya nanti akan selalu kita kembangkan, tentunya bersama Kemenkop dan UKM,” jelas Catur lagi.

Selain event UMKM ekspor, menurut Catur, pihaknya ke depan akan banyak melakukan sinergi pengembangan UMKM dengan Kemenkop dan UKM. “Dalam konteks pembinaan dan peningkatan kapasitas UMKM, merupakan tanggungjawab Menkop dan UKM. Sementara Bank BRI akan mendukung dari sisi pembiayaan dan juga pembinaan. Kita pasti klop dengan sinergi tersebut,” tandasnya.

Masih tegas dia, fokus pembiayaan Bank BRI akan diarahkan kepada UMKM sektor produksi dan berorientasi ekspor. “Sudah banyak UMKM binaan kita yang melakukan ekspor, dan akan terus kita tingkatkan,” pungkas Catur.

Adapun Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani menjelaskan, akan ada empat fokus untuk showcase product di event itu, seperti home decoration, perhiasan dan kerajinan, makanan khas Indonesia, dan fesyen. “Sebetulnya, UMKM binaan kita banyak, tapi di event ini hanya kita tampilkan 155 UMKM karena keterbatasan tempat,” jelasnya.

Handayani menambahkan bahwa akan ada highlight kepada dua fokus, yaitu home decoration dan food and craft. Dimana terkait food, Indonesia memiliki kekayaan rempah-rempah, kerajinan, seni yang berkaitan dengan home decoration. “Pak Teten ingin menjadikan event ini nanti menjadi acara tahunan yang besar serta menjadi bertaraf internasional dengan mendatangkan banyak buyer luar negeri dan negara lain juga bisa berkolaborasi di event tersebut,” pungkas Handayani. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.