Dulu GORO Perkulakan Koperasi Dipimpin Tommy Suharto, Kini GORO Retail Juga Dipimpinnya.

Pipnews.co.id, Jakarta 18 Oktober 2018

Sebuah bisnis retail baru bernama GORO Retail terbentuk di Jakarta, tepatnya di kawasan Jalan Alternatif Cibubur, Jakarta Timur. GORO Retail  yang dilaunching pada 17 Oktober 2018 merupakan jaringan bisnis milik Hutomo Mandala Putra, yang kerap disapa Tommy Suharto. Bisnis ini berada di bawah bendera PT Berkarya Makmur Sejahtera, yang komisaris utamanya dipegang Tommy Suharto.

Tapi yang menarik dari peristiwa ini adalah retailnya yang memakai nama GORO. Entah ada hubungannya atau tidak, atau hanya secara kebetulan saja, tapi yang pasti GORO (Gotong Royong) adalah memang “merk dagang yang tempo dulu diciptakan  oleh Tommy Suharto untuk nama Grosir Perkulakan Koperasi semasa orde baru. Kala itu GORO Pusat Perkulakan Koperasi dipimpin Tommy Suharto.

Dalam catatan Pipnews.co.id, saat GORO Perkulakan Koperasi diluncurkan sekitar tahun  1996 di suatu kawasan pertokoan di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tak kurang dari Presiden RI ke-2, Suharto, yang ayahanda dari Tommy Suharto, yang me-launchingnya. Luar biasa meriahnya dikala itu.

Selanjutnya, tak lama setelah GORO di Pasar Minggu, menyusul pula berdiri  “GORO” Grosir Perkulakan Koperasi milik Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Sulawesi Selatan di Makasar, yang kala itu dipimpin Nurdin Halid, yang kini Ketua Umum Dekopin.

Secara bertahap dan tampak seperti saling berlomba, berdiri pula Depo-Depo ber merk GORO di seluruh Puskud di Indonesia. Tapi sayang, merk dagang “made in koperasi” yang sempat populer dikalangan koperasi ini hanya sempat bertahan sekitar tiga tahun lamanya.

“Kini nama GORO bagi gerakan koperasi tinggal kenangan semata, wujudnya sudah hancur lebur dihajar habis-habisan oleh zaman “Refomasi”. Tutur Jabmar Siburian, Ketua Umum Puskud Sumut, saat bercerita dengan Pipnews.co (17/10/2018).

Sementara itu, Tommy Suharto disela acara peresmian mengatakan, GORO Retail di Cibubur merupakan gerai kedua, setelah sebelumnya sudah dibuka di Bandung. Ke depan perusahaan akan membuka minimal satu gerai GORO di setiap  kabupaten.

Tommy mengaku, dalam pengelolaan GORO Retail,pihaknya  akan menggandeng kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk ikut berpartisipasi menjual produknya di etalasi GORO RetaiL. Untuk itu dalam waktu dekat akan ada pembinaan dan pelatihan untuk UKM yang akan bergabung dengan GORO.

Terkait dengan transaksi jual beli di GORO, selain dilayani secara swalayan,  juga akan melayani pembelian secara online dan memaksimalkan penggunaan teknologi. Namun uniknya di GORO ini, juga bisa beli bermacam ragam kebutuhan dapur dan sayur mayur.

Terakhir, harga yang terjangkau menjadi salah satu kelebihan GORO lantaran dipasok langsung oleh UKM. Sayang, ia belum dapat menyampaikan nilai investasi untuk bisnis ini. Tommy juga mengharapkan ke depannya perusahaan ini bisa menjadi perusahaan publik. (Yan)

 

1 Comment on Dulu GORO Perkulakan Koperasi Dipimpin Tommy Suharto, Kini GORO Retail Juga Dipimpinnya.

  1. Ayo Gerakan ekonomi rakyat bs dimulai dr GORO..
    Maju terus..kami tunggu di kota2 kabupaten hadir..ukm dan ikm perlu wadah ..kami siap dukung

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.