Agar Bisa Berdaya Saing di Pasar Global, Daerah Harus Menyiapkan Produk-produk Unggulan

Pipnews.co.id, Jakarta – Tiap-tiap daerah diminta Menteri Koperasi dan UKM untuk menyiapkan produk-produk UMKM unggulan daerahnya. Hal tersebut menurut Teten Masduki agar siap untuk memasuki pasar global dan mampu bersaing dengan produk asing di dalam negeri. Karenanya daerah perlu melakukan prioritas yang membedakan produk unggulannya dengan daerah lain. 

Pentingnya keunggulan daerah imbuh Teten, karena kedepan, model pengembangan UMKM adalah berbasis klaster. Untuk itu ia meminta, pelaku UMKM yang kecil-kecil dan individu bergabung dalam satu wadah khususnya koperasi. Ini kata dia akan memudahkan UMKM masuk ke rantai pasar global. ‘Selama ini UMKM sulit masuk supply chain karena rentang produknya yang terlalu lebar. Maka kita harus mulai membangun ekonomi berbasis keunggulan domestik. Hanya dengan cara itu kita bisa bersaing ke pasar global,” tegasnya usai menyaksikan penandatanganan MoU PT Sarinah (Persero) dengan Provinsi Riau, Kamis (19/12). 

Menkop dan UKM menambahkan, fokus pengembangan produk UMKM juga akan dilakukan di daerah destinasi pariwisata. Setiap destinasi tersebut hanya diminta menjagokan lima produk unggulan daerah agar fokus dalam branding. Selain itu imbuh Teten, terkait mengenai produk UKM juga sudah harus menyangkut nilai tambah produk, contohnya gambut. Produk gambut kata dia, memiliki nilai tambah secara sosial yang tinggi, dan memiliki aspek perlindungan terhadap lingkungan. “Tidak bisa lagi UKM hanya bicara batik, batu akik dan batik. Di Papua contohnya, ada garam bersumber dari pohon dan dijual sangat mahal di luar negeri. Sekarang produk itu harus ada nilai tambah produk,” tandasnya lagi. 

Mengenai pembiayaan lanjut Menkop dan UKM, sekarang tidak akan menjadi masalah lagi bila produknya memiliki nilai jual tinggi dan bisa menjalin kemitraan dengan offtaker. 

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, pihaknya sangat serius untuk mendorong agar produk UMKM dari Riau mampu bersaing ke pasar internasional. “Kemajuan produk UMKM diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa sampai saat ini, Sarinah sudah menjadi etalase dari berbagai produk daerah, mulai dari Kabupaten Trenggalek, Banyuasin, Lubuk Linggau, Maumere, Halmahera, Papua. Adapun kerja sama dengan Riau ini untuk meningkatkan pemasaran dan peluang pasar terhadap produk unggulan daerah. (Slamet AW).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.