Ini 6 Perusahaan Indonesia yang Masuk Daftar Perusahaan Terbaik Dunia

Pipnews.co.id, Jakarta – Majalah Forbes baru saja meliris daftar Global 2000: World’s Best Employers, atau 2000 perusahan terbaik di dunia.  Dari deretan daftar perusahaan terbaik tersebut, 6 diantara ber asal dari Indonesia.

Sebut saja misalnya perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) PT Bank Mandiri Tbk. adalah satu diantaranya. Bank pelat merah ini menduduki urutan ke 11, atau urutan pertama terbaik dari perusahaan Indonesia.

Bank yang saat ini dipimpin oleh Kartika Wirjoatmodjo ini memiliki sekitar 38.307 pegawai dan kapitalisasi pasar US$ 24,1 miliar. Bank Mandiri melayani korporasi, bisnis dan komersial, ritel dan mikro, konsumer, treasury.

Kedua di urutan Indonesia diduduki oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Perusahaan yang saat ini digawangi oleh Jahja Setiaatmadja ada di urutan ke 32 dalam skala perusahaan terbaik dunia. BCA memiliki 26.962 karyawan yang memfasilitasi komersial dan layanan keuangan lainnya. BCA beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa Kalimantan hingga Indonesia timur.

Urutan ketiga dari Indonesia atau posisi 109 dalam skala dunia ditempati Gudang Garam. Perusahaan rokok asal Kediri ini didirikan pada 1971, saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 9,7 miliar. Gudang Garam kini dipimpin oleh Susilo Wonowidjojo.

Posisi keempat atau urutan ke 112 ditempati BUMN di bidang telekomunikasi, yakni PT Telkom Indonesia. Saat ini Telkom memiliki kapitalisasi pasar US$ 25,8 miliar dan jumlah karyawan 24.065 orang.

Selanjutnya di urutan kelima atau posisi 157 diduduki oleh bank BUMN yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang memiliki jumlah karyawan 27.803 orang dan kapitalisasi pasar US$ 11,1 miliar. Bank yang didirikan pada 1946 lalu saat ini dipimpin oleh Achmad Baiquni.

Posisi keenam atau posisi 186 ada bank BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang memiliki 60.683 karyawan. Bank yang dipimpin oleh Suprajarto ini memiliki kapitalisasi pasar US$ 27,7 miliar.

Berikut daftar perusahaan Indonesia yang masuk daftar perusahaan terbaik dunia.

1. Bank Mandiri
2. Bank Central Asia
3. Gudang Garam
4. Telkom
5. Bank Negara Indonesia
6. Bank Rakyat Indonesia.

10 Perusahaan Terbaik Dunia

Masih mengutip Forbes dilaporkan, adapun 10 terbaik perusahaan dunia tersebut adalah sebagai berkut. Urutan pertama diduduki Alphabet atau Google. Perusahaan ini memiliki lebih dari 80 ribu pegawai dan berhasil membukukan penjualan sekitar US$ 117,9 miliar, sebesar US$ 16,6 miliar untuk profit, US$ 206,9 miliar aset dan market value US$ 766,3 miliar pada tahun lalu.

Kemudian perusahaan milik Bill Gates, Microsoft menduduki posisi kedua dengan jumlah karyawan 124 ribu. Perusahaan teknologi ini membukukan penjualan US$ 103,3 miliar, kemudian untuk profit US$ 14,2 miliar. Sedangkan untuk aset US$ 245,4 miliar dan market value US$ 750,6 miliar tahun lalu.

Selanjutnya posisi ketiga ditempati perusahaan komputer Apple, keempat perusahaan penyiaran Walt Disney Company, kelima perusahaan internet dan katalog ritel Amazon.

Lalu ada perusahaan minyak dan gas CNOOC. Kemudian perusahaan truk manufaktur Daimler. Bank asal Thailand Kasikornbank menduduki posisi ke 8. Perusahaan bioteknologi Celgene menduduki urutan ke 9 dan ke 10 berhasil ditempati oleh BMW Group.

Industri perbankan juga mulai masuk dalam daftar 10 besar daftar ini. Forbes menyebutkan ada lebih dari 430 ribu rekomendasi secara global yang dianalisa untuk menentukan daftar perusahaan ini.

Berikut daftar 10 Perusahaan Terbaik Dunia Versi Forbes:

1. Alphabet/Google
2. Microsoft
3. Apple
4. Walt Disney
5. Amazon.com
6. CNOOC
7. Daimler
8. Kasikornbank
9. Celgene
10. BMW Group
(Yan)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.