Koperasi Petani Cokelat Bermitra dengan Tous Les Jours Dalam Produk Kue Berbahan Baku Cokelat

Pipnews.co.id, Jakarta 18 Desember 2019
Indonesia sebagai korporasi investasi PMA asal Korea melalui unit usahanya, Tous Les Jours (TLJ) melakukan kerja sama pengembangan ekonomi masyarakat Indonesia melalui program OVOP (One Village One Product). Kerja sama ini dilakukan dengan Koperasi Serba Usaha Guyub Santoso yang menaungi petani kakao dan pengolahan coklat di wilayah Blitar, Jawa Timur. 

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Ari Anindya Hartika berharap langkah ini memberikan dampak positif bagi petani-petani kecil di daerah. Kerjasama ini telah terjalin sejak adanya nota kesepahaman yang ditandatangani 27 Juni 2019.

“Selanjutnya, kerjasama ini telah membuahkan suatu perpaduan antara keahlian dalam bidang boga yang dimiliki oleh Tous Les Jours dengan bahan baku coklat berkualitas yang dimiliki oleh KSU Guyub Santoso,” kata Ari dalam penluncuran  produk cake baru dengan nama Cloud Choco Chiffon yang secara resmi diluncurkan pada  acara CJ OVOP New Product Launching di Central Park, Jakarta, Selasa (17/12).

Ari Anindya mengatakan, produk cake olahan bersama KSU Guyub Santosa dengan perusahaan Korea ini akan tersedia di seluruh outlet Tous Les Jours yang berada di Jakarta dan Tangerang, serta kota-kota lainnya, khususnya di pulau Jawa. “Kami berharap program seperti ini mampu melambungkan petani dalam hal produksi dan tentunya mendapatkan pasar yang luas. Petani dan usaha kecil memang harus mendapatkan perhatian dari siapapun termasuk swasta yang sudah besar,” kata Ari di lokasi.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh Asisten Deputi Industri Jasa dan Direktur Korean Trade Agency (KOTRA) Lee Jong Yoon, Presdir CJ Indonesia Shin Hee Sung, Direktur CJ Indonesia Agus Sutijono dan Presdir CJ Foodville Indonesia  Ko Hyeondeuk.

Agus dalam sambutannya menyampaikan, sejalan dengan komitmen dan filosofi pendiri CJ, yaitu menjadi perusahaan yang berkontribusi pada perekonomian nasional, program ini terus menggandeng dan ikut mengembangkan koperasi. Tujuannya, agar dapat meningkatkan daya saing produk serta mengenalkan produk ke pasar yang lebih luas yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif pada terciptanya kemandirian ekonomi.

“Kami bersyukur bahwa komitmen bisnis CJ untuk selalu menciptakan manfaat bersama mendapat sambutan baik dari KUKM dengan diberikannya apresiasi pada hari ini. Dan tentunya kami sangat senang bahwa usaha kami untuk meningkatkan ekonomi koperasi di Indonesia dilihat oleh pemerintah,” ujar Agus Sutijono.

Momen penyerahan penghargaan ini diberikan langsung oleh Ari Anindya Hartika kepada Presiden Direktur PT CJ Foodville Bakery & Café Indonesia Ko Hyun Deuk atas kontribusi  CJ Indonesia melalui Tous les Jours dalam mengembangkan KSU Guyub Santoso melalui program OVOP di tahun 2019.

Agus berharap adanya program OVOP ini bisa terus dijalankan dan melibatkan koperasi lainnya. Dengan demikian, akan lebih banyak koperasi yang memiliki kemandirian ekonomi dengan keunggulan produk-produk lokal yang dimiliki.

“CJ Indonesia tentu tidak berhenti sampai disini, karena pada tahun depan juga akan dilakukan peluncuran produk baru dari koperasi kopi yang ada di Jawa Tengah. Sampai saat ini sendiri kami masih melakukan proses pengembangan produk dan pengurusan dokumen yang dibutuhkan. Kita tunggu saja tahun depan,” ujarnya. (Yan).

Foto: ilust.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.