KPSBU Lembang Hasilkan Susu 150 Ton per Hari, Namun Hanya 20 Persen Diolah Sendiri

Pipnews.co.id, Lembang – Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara  (KPSBU)  Lembang per hari hasilkan produksi susu antara 130 hingga 150 ton. Ketua KPSBU Lembang, Dedi Setiadi mengatakan sebagian besar dari produksi itu didistribusikan ke Frisian Flag dan perusahaan lainnya.

“Diolah sendiri sekitar 20 persen dengan beragam susu pastuarisasi yang siap minum. Sementara sisanya 80 persen disetor Industri Pengolahan Susu (IPS) diantaranya Frisian Flag,” katanya dalam jumpa pers di kantor KPSBU Lembang, Bandung Barat (26/12/2018).

Saat ini, Dedi menyebut masalah yang ditemui di peternak Indonesia ialah 70 persen tak punya lahan dan ambil rumput di mana-mana, 20 persen punya lahan dan tak cukup, serta 10 persen punya lahan dan cukup.

“Jadi, jika disediakan lahan produksi susu di Indonesia itu akan bisa,” ujarnya.

Kemudian, ketika ditanyakan terkait masalah kotoran sapi yang menjadi masalah di KPSBU Lembang, Dedi mengatakan sudah memiliki beberapa penanganan, seperti peternak membuat pupuk rumput dari kotoran sapi untuk kebun rumput dan menjual pupuk yang sudah diolah dari kotoran sapi ke petani sayuran.

“Kami (KPSBU) miliki 104 ketua kelompok dan ada anak muda sebagai ketuanya, dan mereka itu tersebar di seputar tempat tinggal peternak sapi perah di Lembang, Bandung Barat. Kami berharap anak muda bisa menjadi generasi penerus dalam mengelola dan beternak sapi,” katanya. (Yan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.